Kompas.com - 09/08/2022, 17:15 WIB

KOMPAS.com - Saat mengikuti pembelajaran di sekolah, anak tentu menghadapi banyak tantangan.

Anak perlu fokus dan menyesuaikan diri dalam menerima materi tiap pelajaran yang diberikan guru. Anak juga pernah mengalami rasa persaingan antarteman, khususnya dalam hal prestasi.

Meskipun bersaing kerap dikaitkan dengan hal negatif, namun sebenarnya persaingan juga dapat meningkatkan motivasi terhadap anak selama prosesnya positif.

Namun sayangnya, tidak semua anak punya kemampuan untuk bisa bersaing dengan baik di sekolah. Bahkan, jika dibandingkan dengan teman-teman sekelasnya, ada beberapa anak yang justru kurang berprestasi.

Baca juga: Intip 27 Jurusan Kuliah Sesuai Hobimu, Jalan-jalan hingga Menggambar

Penyebab anak kurang berprestasi di sekolah

 

Melansir dari laman sekolah BPK Penabur, Selasa (9/8/2022), ada beberapa penyebab anak menjadi siswa yang sulit bersaing dan berprestasi di sekolah.

Orangtua tidak serta merta menyalahkan anaknya yang dinilai sulit bersaing atau kurang berprestasi, namun sebaiknya kenali dulu beberapa penyebabnya berikut ini:

1. Kurang nyaman dengan suasana belajar di sekolah

Salah satu penyebab anak sulit bersaing di sekolah bisa saja karena suasana kelasnya. Suasana kelas ini juga ditentukan oleh berbagai hal. Mulai dari bagaimana cara guru mengajar, kurikulum hingga teman-teman di kelas.

Jika anak sudah tidak nyaman, mereka justru cenderung kebingungan saat mengikuti pembelajaran. Sehingga tidak bisa mengoptimalkan potensi belajarnya dengan baik.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.