Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UIN Sunan Kalijaga: 3 Kompetensi Penting yang Harus Dimiliki Wisudawan

Kompas.com - 15/06/2022, 14:02 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Kehidupan pascakampus membutuhkan kesiapan mental. Hal ini diingatkan Dudy Sya’bani Takdir, Founder dan CEO Media Labs, dalam pembekalan wisudawan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (Fishum) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (14/06/2022).

Kehidupan pasca kampus, kata Dudy, setidaknya memiliki tiga pilihan yaitu, kerja, lanjut sekolah atau berwirausaha.

“Seperti memilih genre lagu, ketiga pilihan tersebut tidak ada yang salah, tinggal bagaimana kita menjalankan pilihan itu dengan baik dan menyiapkan mental,” tegas Dudy yang juga merupakan alumnus Fishum UIN Jogja.

Dudy memaparkan setiap orang memiliki dua pilihan, yaitu growth mindset dan fixed mindset.

“Apabila kita selalu berpikiran negatif sehingga sulit berkembang, ini menunjukkan kita memiliki fixed mindset. Padahal mental yang perlu disiapkan setelah lulus kuliah adalah growth mindset yaitu selalu berpikir positif dan berusaha dengan optimal,” imbuhnya.

3 kompetensi penting

Selain mempersiapkan mental, lanjut Dudy, seseorang membutuhkan tiga kompetensi untuk menjalani kehidupan pasca kampus yaitu knowledge, skill dan attitude.

Knowledge, pemahaman terhadap ilmu yang kita pelajari di kampus dan bagaimana mengaplikasikannya di kehidupan," jelasnya.

Kemudian, skill yang terdiri dari, keahlian dasar seperti membaca, menulis dan berhitung, keahlian secara teknis seperti mengoperasikan kamera, keahlian berkomunikasi dengan orang lain dan keahlian memecahkan masalah,” ujar Dudi.

Dan yang terpenting, menurutnya adalah kompetensi ketiga yakni attitude. Karena perilaku akan mempengaruhi kinerja dan produktivitas seseorang di dunia kerja.

Baca juga: KIP Kuliah Kemenag untuk Daftar UIN, IAIN,STAIN Dibuka, Cek Syaratnya

“Apabila tiga hal tersebut sudah dipersiapkan dengan matang, satu hal terakhir yang tidak kalah penting yaitu, menjaga networking atau silaturahmi. Kita tidak pernah tahu akan menjadi apa dan siapa orang yang kita temui. Bisa jadi, nantinya mereka yang kita butuhkan,” paparnya.

Sejalan dengan pernyataan Dudy, narasumber kedua Dosen Ilmu Psikologi UIN Sunan Kalijaga Rachmy Diana menegaskan, usaha yang dilakukan para wisudawan hingga saat ini merupakan perjalanan atas usaha dan restu orangtua.

“Pencapaian tidaklah lurus seperti jalan tol. Lika liku sudah biasa, tetapi kita harus memastikan apa yang kita tuju. Kumpulkan banyak pengalaman dan kolaborasi agar lebih siap berkompetisi,” ungkapnya.

Dalam kesempatan sama, Dekan Fishum UIN Sunan Kalijaga Mochamad Sodik dalam sambutannya menyebutkan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (Fishum) mengirimkan 88 calon wisudawan dalam wisuda periode III.

Lebih lanjut, Sodik juga menjelaskan tiga core values UIN, yakni integrasi-interkoneksi, dedikatif-inovatif, dan inklusif-continuous improvement. “Tiga core values UIN merupakan kekuatan bersama untuk memperkuat diri masing-masing,” tambah Sodik.

Baca juga: Ajang UM PTKIN 2022, 18.126 Calon Mahasiswa Minat Masuk UIN Jakarta

Sebelumnya, Media Labs juga telah menandatangani nota kesepahaman tentang pengembangan SDM dan teknologi di bidang komunikasi dan public relations dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com