Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Undip Buka Jalur UM 2022, Pendaftaran hingga 20 Juni 2022

Kompas.com - 08/06/2022, 14:57 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Diponegoro (Undip) membuka jalur ujian mandiri (UM) 2022.

Pendaftaran jalur UM di Undip sampai dengan 20 Juni 2022.

Ketua LP2MP Undip, Prof. Setia Budi Sasongko memberitahukan, Undip membuka pendaftaran UM mulai 11 April sampai 20 Juni 2022.

Baca juga: Ikut Jalur Mandiri S1 UGM 2022? Intip 10 Prodi Terketat Tahun Lalu

Adapun pelaksanaan tes UM diselenggarakan pada tanggal 27 Juni-8 Juli 2022.

Dia menambahkan bagi peminat untuk mempersiapkan berkas pendaftaran, meliputi nilai raport, prestasi non akademik/kejuaraan bila ada dan esai tentang Wawasan Kebangsaan.

Sementara materi untuk Ujian Mandiri adalah Tes Potensi Skolastik (TPS) yang meliputi Numerik, Verbal, Penalaran dan Bahasa Inggris.

"Tes UM Undip dilaksanakan secara online dari rumah masing-masing dengan sistem dan pengawasan yang ketat dari petugas pengawas," ucap dia melansir laman Undip, Rabu (8/6/2022).

Lanjut Prof. Budi menyatakan, tentang sistem pembelajaran yang diterapkan pembelajaran berorientasi luaran (OBE) adalah pendekatan sistem pendidikan dan metode pembelajaran dimana luaran menjadi fokus dan hasilnya dapat dilihat dari proses belajar contohnya prestasi mahasiswa di akhir perkuliahan dan kualitas lulusan.

Tidak diragukan lagi kualitas lulusan Undip adalah lulusan yang banyak diserap dunia kerja, terbukti Undip menduduki rangking pertama versi Quacquarelli Symonds (QS) Asia Ranking 2022, lembaga pemeringkatan universitas dunia telah merilis deretan universitas terbaik di dunia untuk kategori "Graduate Employability Rankings 2022".

Kategori tersebut memilih perguruan tinggi yang berhasil mencetak lulusan berkompetensi dengan prospek kerja tinggi atau lulusan siap kerja terbaik.

Undip bukan hanya mencetak lulusan berkualitas, tetapi juga mencetak mahasiswa berprestasi baik level nasional maupun internasional.

Baca juga: Pakar Unpad: Pemerintah Perlu Kaji Kenaikan Tarif Naik Candi Borobudur

Ditambah pula Undip membekali lulusan untuk menjadi job creator maupun job seeker yang siap kerja dan unggul dengan kempetensi COMPLETE, yakni:

1. Communicator (mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis).

2. Professional (bekerja sesuai dengan prinsip, pengembangan berdasar prestasi dan menjujunjung tinggi kode etik).

3. Leader (adaptif, tanggap terhadap lingkungan, proaktif, motivator, mampu membangun kerjasama).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com