Kompas.com - 06/06/2022, 19:57 WIB
|

KOMPAS.com - Indonesia dikenal sebagai bangsa yang besar. Ini karena beragam kekayaan melimpah, serta memiliki ribuan pulau atau aneka ragam budaya dan bahasa.

Namun, semua itu bisa menjadi satu karena adanya persatuan bangsa Indonesia. Persatuan bangsa Indonesia bahkan dicantumkan di sila ke-3 Pancasila, yang dijadikan sebagai ideologi dan pedoman hidup berbangsa dan bernegara.

Selain itu, persatuan bangsa Indonesia mengandung unsur-unsur cita-cita dari persaudaraan dan persahabatan, diliputi dengan suasana kebaikan, kesucian dan keindahan.

Baca juga: Contoh Persatuan dan Kesatuan, Penting Dipahami Siswa

Karenanya, persatuan dan kesatuan bangsa harus selalu dijaga, supaya negara Indonesia menjadi negara yang mandiri.

Bagi siswa sekolah yang sedang belajar mengenai persatuan dan kesatuan, berikut ini dijelaskan mengenai persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Informasi dirangkum dari laman Gramedia Blog.

Makna persatuan dan kesatuan

Persatuan dan kesatuan bangsa memiliki konsep-konsep yang harus dipahami sebelum memahami maknanya. Konsep-konsep dasar dari persatuan dan kesatuan yaitu:

1. persatuan

2. kesatuan

3. bangsa

4. integrasi

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.