Kompas.com - 20/05/2022, 19:02 WIB

KOMPAS.com - Muhammad Wildan Kausar, menjadi salah satu dari 35 peserta disabilitas yang mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) 2022 di Pusat UTBK Universitas Indonesia (UI).

Pada tahun ini, di Pusat UTBK UI tercatat 35 peserta disabilitas, tidak berbeda jauh dari tahun 2021 yang berjumlah 33 orang. Mereka terdiri atas 12 orang penyandang disabillitas tunanetra dan 23 peserta disabilitas tunadaksa.

Untuk peserta disabilitas tunadaksa, ujian dilaksanakan di Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) UI Gedung Lama, sedangkan bagi peserta disabilitas tunanetra, ujian dilakukan pada sesi khusus, yaitu Kamis (19/5/2022), di Lab. 1105 Fasilkom Gedung Lama, Kampus UI Depok.

Baca juga: UI Melesat Peringkat 3 Asia Tenggara dan 18 Dunia di THE Impact Rankings 2022

Selama ujian, peserta disabillitas didampingi oleh petugas dan pengecekan kelengkapan ujiannya dilakukan oleh pihak Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Sebagai salah satu peserta disabilitas, Wildan mengatakan bahwa dirinya selalu bersemangat untuk mempersiapkan diri mengikuti ujian dengan cara terus belajar dan berlatih.

“Untuk mengikuti ujian UTBK ini, saya melakukan persiapan dengan belajar dan berlatih soal. Selain itu, saya juga mengikuti bimbingan belajar dari sekolah dan bimbingan belajar online untuk menambah dan meningkatkan pemahaman materi,” ujar Wildan dalam keterangan tertulis UI.

Meski mengalami gangguan penglihatan sejak umur sembilan tahun, Wildan berhasil menyelesaikan pendidikannya di SMAN 54 Jakarta.

Berbekal tekad yang kuat dan semangat yang besar, Wildan mengatakan ingin terus melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi.

Baca juga: UI Bakal Terima 9.300 Mahasiswa Baru 2022, Cek Persaingan di SBMPTN

Dalam proses pendaftaran, ia dibantu oleh teman-temannya dan pendamping dari pihak Panti Sosial Bina Netra Rungu Wicara Cahaya Bathin Cawang tempat Wildan tinggal.

Wildan mendaftarkan diri dengan pilihan pertama Pendidikan Khusus, Universitas Negeri Jakarta.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.