Kompas.com - 12/05/2022, 08:53 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Dalam Surat Keputusan Bersama 4 Menteri diatur pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen yang dilakukan dalam kondisi pandemi Covid-19.

Dalam SKB 4 Menteri terbaru ini ada beberapa kebijakan baru yang bisa dilakukan satuan pendidikan.

Salah satunya satuan pendidikan ada yang diwajibkan melaksanakan PTM 100 persen dengan jam pembelajaran (JP) sesuai kurikulum.

Namun ada beberapa aturan berbeda di satuan pendidikan yang berada di level PPKM yang berbeda.

Baca juga: SKB 4 Menteri Terbaru: Kantin dan Kegiatan Ekstrakurikuler Diizinkan

PTM 100 persen bisa dihentikan

Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Sesjen Kemendikbudristek) Suharti, dengan adanya SKB 4 Menteri terbaru, pemerintah pusat dan pemerintah daerah sesuai dengan kewenangannya wajib melakukan pengawasan dan evaluasi secara berkala terhadap pelaksanaan pembelajaran tatap muka serta melakukan surveilans epidemiologis.

Dia menekankan, pelanggaran protokol kesehatan pada saat pembelajaran tatap muka berlangsung dapat diberikan sanksi oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah. Ataupun kantor wilayah Kementerian Agama provinsi/kabupaten/kota sesuai dengan kewenangannya.

"Apabila ditemukan kasus positif terkonfirmasi lebih dari 5 persen dan terjadi klaster penularan, maka PTM dapat dihentikan sementara sekurang-kurangnya 10x24 jam," jelas Suharti di Jakarta, Rabu (11/5/2022).

Baca juga: Dosen UM Surabaya: 5 Makanan Ini Wajib Dihindari Penderita Jantung

Namun, apabila setelah dilakukan surveilans dan ditetapkan bukan merupakan klaster penularan dan angka terkonfirmasi positif di bawah 5 persen, maka PTM terbatas hanya dihentikan pada kelompok belajar yang terdapat kasus konfirmasi dan/atau kontak erat Covid-19 selama 5x24 jam.

"Apabila hasil surveilans perilaku di satuan pendidikan di bawah 80 persen, maka perlu dilakukan asesmen ulang kesiapan daftar periksa dan penerapan protokol kesehatan," papar Suhartini.

Aturan pelaksanaan PTM sesuai SKB 4 Menteri terbaru

Dalam SKB 4 Menteri terbaru, ada beberapa kebijakan yang wajin dipatuhi masing-masing satuan pendidikan. Berikut rincian aturan dalam SKB 4 Menteri terbaru:

Baca juga: Mahasiswa Unpad Jadi Ketua G17 University Ambassador Consortium

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.