Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa S1-S2 di Universitas Terbaik Inggris, hingga Rp 375 Juta

Kompas.com - 17/04/2022, 10:14 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Ingin melanjutkan kuliah ke salah satu universitas terbaik di Inggris melalui jalur beasiswa? University of York kini membuka tiga jenis beasiswa parsial untuk jenjang S1 hingga S2.

University of York merupakan satu-satunya universitas di Inggris yang dapat bersaing dengan University of Oxford maupun University of Cambridge selama 40 tahun berturut-turut dalam kategori kualitas pengajarannya menurut the Sunday Times 2022.

Tiga sistem peringkat universitas yang ada di Inggris juga menempatkan York sebagai universitas top 20 di Inggris, yakni The Times (peringkat 19), The Guardian (peringkat 18), dan The Complete University Guide (peringkat 18).

Di tahun ini University of York meraih peringkat 18 di Inggris menurut The Complete University Guide 2022 dan top 150 dunia menurut QS World University Rankings 2022.

Baca juga: Cerita Jevon, Mahasiswa ITB Prodi Aktuaria Peraih IPK 4

Selain itu, University of York merupakan bagian dari Russell Group Universities, yaitu perkumpulan 24 universitas peringkat atas di Inggris yang terkenal akan penelitian ilmiahnya selama ratusan tahun.

Beberapa jurusan yang menjadi unggulan dari University of York antara lain Public Administration, Economics, Music, Computer Science, Nursing, Sociology, Atmospheric Sciences, Life Sciences dan Biomedicine.

Dari segi lokasi, University of York berlokasi di York, sebuah kota klasik yang terletak di sebelah timur laut kepulauan Inggris Raya dan dapat ditempuh dalam 2 jam perjalanan menggunakan kereta dari London.

Pada abad pertengahan, kota York sendiri terkenal sebagai pusat perdagangan wol, pengembangan jaringan kereta api, dan manufaktur terbesar di Inggris.

Hingga saat ini pun kotanya terkenal sebagai tujuan destinasi turis di UK karena banyak bangunan bersejarah dengan arsitektur yang indah dan megah.

Baca juga: Kisah Fawwaz, Siswa Madrasah yang Lolos di 5 Kampus Terbaik Dunia

Cakupan beasiswa

Terdapat berbagai macam program beasiswa yang ditawarkan oleh University of York dan University of York International Pathway College antara lain sebagai berikut:

1. Be Exceptional Scholarships, berupa potongan uang kuliah senilai GBP 2.500 (sekitar Rp 46 juta) hingga GBP 7.500 (sekitar Rp 140 juta) di tahun pertama kuliah untuk program S1 dan S2.

2. Vice-Chancellor Scholarships, berupa potongan uang kuliah senilai GBP 20.000 (sekitar Rp 375 juta) untuk program S1 dan GBP 10.000 (sekitar Rp 187 juta) untuk program S2 (syarat dan ketentuan berlaku)

3. University of York International Pathway College berupa potongan uang kuliah senilai GBP 1.500 (sekitar Rp 28 juta).

Baca juga: Beasiswa S1-S2 ke Inggris 2022, Senilai hingga Rp 150 Juta Per Tahun

Syarat peserta

Persyaratan masuk ke University of York untuk program S1 bisa dari SMA dengan kurikulum IB dan A level atau setingkat.

Bagi pelajar dari SMA kurikulum nasional, bisa masuk melalui program Foundation Certificate di University of York International Pathway College.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com