Kompas.com - 23/03/2022, 14:07 WIB
Tim dari SMAN 1 Depok Sleman memberikan informasi kepada beberapa orangtua dan calon siswa.  DOK.SMAN 1 Depok SlemanTim dari SMAN 1 Depok Sleman memberikan informasi kepada beberapa orangtua dan calon siswa.

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mengimbau seluruh dinas pendidikan baik di tingkat provinsi, kabupaten, maupun kota mempersiapkan diri menjelang pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2022.

Imbauan dari Kemendikbud Ristek ini tertuang dalam Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ristek Nomor 6998/A5/HK.01.04/2022 yang diterbitkan pada 25 Januari 2022.

Dalam surat tersebut, Kemendikbud Ristek mengimbau seluruh pemangku kepentingan di Dinas Pendidikan daerah untuk mempersiapkan PPDB yang obyektif, transparan, dan akuntabel tahun 2022/2023 sesuai dengan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada TK, SD, SMP, SMA, dan SMK.

Baca juga: Biaya UTBK 2022 dan Panduan Pembayaran di Bank Mitra

PPDB 2022 jenjang SMP

Melansir dari laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Rabu (23/3/2022), PPDB dilaksanakan dengan mekanisme daring seperti pada PPDB tahun 2021.

Oleh karena itu, Kepala Dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota diminta untuk segera menyiapkan aplikasi untuk pelaksanaan PPDB secara daring.

Untuk menghindari permasalahan saat pelaksanaan PPDB 2022, kepala dinas pendidikan juga diminta melakukan integrasi data hasil PPDB yang mencakup antara lain:

Baca juga: Orangtua, Begini Tips agar Anak Tidak Malas Menggosok Gigi

1. Identitas peserta didik.

2. Identitas satuan pendidikan asal.

3. Identitas satuan pendidikan tujuan/yang menerima ke dalam sistem Dapodik.

Sedangkan bagi wilayah yang tidak tersedia fasilitas jaringan, maka PPDB dapat dilaksanakan dengan mekanisme luring dengan melampirkan fotokopi dokumen persyaratan dan menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Daftar SBMPTN 2022, Cek Lokasi Pusat UTBK di DIY dan Jawa Tengah

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.