Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Kiat Lolos Masuk UNY di Webinar Gratis Kompas.com x UNY

Kompas.com - 23/02/2022, 07:00 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai Kota Pelajar, banyak perguruan tinggi berkualitas yang bisa dipilih untuk melanjutkan pendidikan di Yogyakarta.

Salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi adalah Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Kualitas UNY terlihat dari tingginya minat calon mahasiswa untuk mendaftar lewat jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021.

Bahkan UNY juga masuk 10 besar pendaftar paling banyak di jalur SBMPTN 2021. Pendaftar UNY di jalur SBMPTN 2021 berjumlah 42.542 calon mahasiswa dengan keketatan 1:18. Hal ini berati hanya sebanyak 2.414 mahasiswa yang berhasil lolos.

Baca juga: Jurusan Saintek-Soshum Paling Ketat Jalur SNMPTN, Yuk Intip Peluangmu

 

Bagi kamu yang berencana mendaftar ke UNY pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2022, perlu tahu beberapa informasi berikut ini.

UNY menerima pendaftaran mahasiswa baru jenjang sarjana melalui sejumlah jalur. Pada jalur pertama yakni SNMPTN, UNY membuka kuota sebesar 20 persen. Di jalur SBMPTN dengan kuota 40 persen, dan Seleksi Mandiri kuota maksimal 30 persen.

Selain jalur SNMPTN dan SBMPTN, UNY juga masih memiliki beberapa jalur yang dapat dicoba para pejuang PTN di tahun 2022 ini.

Wakil Rektor Bidang Akademik UNY, Prof. Margana mengatakan, para calon mahasiswa dapat memilih UNY sebagai tempat studi lanjut karena UNY merupakan kampus "kerakyatan".

Baca juga: Siswa, Cek Panduan Pengisian Prestasi Saat Mendaftar SNMPTN 2022

Pasalnya mahasiswa yang mengenyam pendidikan di UNY terdiri dari seluruh kalangan. Mulai dari kalangan bawah, menengah hingga atas dengan uang kuliah terjangkau.

Sementara itu, Kepala Kantor Layanan Admisi UNY, Setya Raharja mengatakan bahwa UNY menyediakan 60 program studi S1 yang dapat dipilih calon mahasiswa. Meliputi 37 program studi kependidikan dan 23 program studi non-kependidikan.

"Para calon mahasiswa yang eligible diseyogyakan segera mendaftar SNMPTN untuk menghindari penumpukan pada akhir masa pendaftaran," terang Setya Raharja.

Menurut Setya, ada sejumlah program studi dengan peminat tertinggi untuk jalur SNMPTN maupun SBMPTN. Termasuk jalur masuk lain yang bisa dipilih calon mahasiswa 2022.

Bagi calon mahasiswa yang mau tahu jalur apa saja yang disediakan UNY, prodi favorit hingga kuotanya, Kompas.com dan UNY mengadakan webinar gratis yang diadakan Rabu 23 Februari 2022 pukul 15.00 WIB.

Baca juga: Referensi SNMPTN 2022, Kenali Prodi Teknik Biomedik dan Prospek Kerjanya

 

Dalam webinar ini, turut hadir salah satu mahasiswa, Diah Ayuning Tyas juga akan berbagi tips persiapan SNMPTN hingga berhasil melanjutkan pendidikan di UNY.

Berikut tautan untuk melakukan pendaftaran Webinar Kompas.com x UNY https://bit.ly/WebinarSBMPTN22UNY.

Di akhir webinar, kamu juga bisa mendapatkan akses Tryout UTBK SBMPTN 2022 gratis persembahan Kompas.com dan Rajin.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com