Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Siswa Simpan Permanen Akun SNMPTN? Ini Penjelasan LTMPT

Kompas.com - 03/02/2022, 13:46 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) kini dalam tahap registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) oleh siswa.

Selain melakukan registrasi akun LTMPT, siswa juga melakukan tahap verifikasi dan validasi data siswa serta mengunggah foto. Namun, siswa belum bisa melakukan Simpan Permanen akun siswa.

Melalui akun Instagram resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) @ltmptofficial, Simpan Permanen akun siswa baru bisa dilakukan pada 8 Februari 2022 nanti. Jadi, kamu yang sudah registrasi dan mengisi form serta unggah foto tidak perlu panik.

“Jangan panik karena belum bisa Simpan Permanen, waktu Simpan Permanen akun siswa dimulai pada tanggal 8 Februari hingga 15 Februari 2022 atau setelah sekolah menyelesaikan finalisasi data PDSS (Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa) pada Akun Sekolah,” tulis LTMPT di laman resminya.

Baca juga: Cara Daftar KIP Kuliah 2022: Kuliah Gratis, Uang Saku Rp 1,4 Juta Per Bulan

Sementara, berdasarkan data LTMPT pada 31 Januari 2022, sekolah yang sudah melakukan finalisasi data sebanyak 19.543. Lalu yang sudah finalisasi siswa eligible sebanyak 10.421 sekolah.

Sekolah yang telah melakukan finalisasi kurikulum 8.191. Lalu sekolah yang sudah melaksanakan finalisasi nilai 2.479 sekolah. Untuk total siswa eligible SNMPTN 2022 sebanyak 597.564 siswa.

Lalu apa yang bisa dilakukan siswa sembari menunggu Simpan Permanen akun? Berikut beberapa hal yang bisa siswa lakukan saat ini.

1. Melakukan registrasi akun LTMPT di portal.ltmpt.ac.id jika belum registrasi.

2. Mencatat email dan password akun

3. Mengunggah foto sesuai ketentuan

4. Memastikan data yang telah dimuat dalam akun siswa, sudah benar dan tidak keliru. Kalau terjadi kekeliruan, masih ada waktu untuk memperbaikinya. Kamu bisa cek FAQ LTMPT di halo.ltmpt.ac.id untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga: 15 Jurusan Sepi Peminat di SNMPTN UGM, UI, ITB 2021

Jadwal penting SNMPTN 2022

Berikut ini jadwal SNMPTN yang wajib dicatat oleh siswa kelas 12:

  • Registrasi akun LTMPT: 10 Januari - 15 Februari 2022
  • Penetapan Siswa Eligible : 4 Januari - 8 Februari 2022
  • Pendaftaran SNMPTN : 14 - 28 Februari 2022
  • Pengumuman Hasil SNMPTN : 29 Maret 2022.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com