Kompas.com - 19/01/2022, 13:30 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Proses pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 sudah memasuki masa penetapan siswa yang memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri (eligible) dan proses mengisikan data di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) oleh sekolah.

Tahapan akan dilanjutkan dengan proses pendaftaran dimana siswa memilih program studi dan PTN tujuan pada tanggal 14 hingga 28 Februari 2022 nanti.

Baca juga: Sesajen Ditendang di Gunung Semeru, Ini Pandangan Pakar Unair

"Sayangnya masih banyak calon mahasiswa yang bingung menentukan pilihan program studi (Prodi) di SNMPTN 2022," ucap Wakil Koordinator PKIH (Humas) Universitas Jember (Unej), Rokhmad Hidayanto melansir laman Unej, Rabu (19/1/2022).

Menurut Rokhmad Hidayanto, dirinya dan kolega di Humas Unej sering mendapatkan pertanyaan umum seperti apa saja Prodi yang ada di kampusnya? Lalu, apa saja jalur masuk menjadi mahasiswa baru atau untuk siswa jurusan IPA bisa masuk prodi apa saja?

"Pertanyaan tersebut mengindikasikan siswa masih bingung dalam memilih program studi yang akan dituju," jelas dia.

Pertanyaan itu, kata dia, cukup mendasar yang seharusnya bisa mereka dapatkan dengan hanya mengunjungi laman resmi PTN serta laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Padahal, bilang dia, tahapan memilih prodi dan PTN di jalur SNMPTN 2022 sudah di depan mata.

Jika siswa masih bingung, maka peluang untuk salah dalam memilih prodi akan besar.

"Dan jika siswa salah memilih program studi maka yang bakal susah yah siswa, orang tua bahkan sekolah dan perguruan tingginya," ujar Rokhmad.

Baca juga: 15 Universitas Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2022, 5 dari PTS

Oleh karena itu, dia menganjurkan agar siswa SMA/MA/SMK giat mencari informasi mengenai prodi, baik mengenai apa yang dipelajari, kekhasan, sistem perkuliahan hingga apa yang didapat jika kuliah di prodi tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.