Kompas.com - 19/01/2022, 12:34 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Ketua Panitia SPAN-UM PTKIN, Imam Taufiq menyebut, SPAN-UM PTKIN akan dilaksanakan oleh 58 PTKIN yang tersebar di seluruh Indonesia dan 1 Fakultas Agama PTN yaitu Universitas Singaperbangsa, Karawang.

Menurut dia, proses pendaftaran jalur SPAN-PTKIN akan dilaksanakan mulai bulan Februari hingga April 2022.

Baca juga: Seleksi Masuk PTKIN Dibuka Mulai Februari 2022

"Daftar program studi (Prodi) dan daya tampung SPAN-PTKIN dapat dilihat pada laman http://www.span-ptkin.ac.id," ucap dia secara daring, Selasa (18/1/2022) malam.

Sedangkan proses pembukaan pendaftaran jalur UM-PTKIN, diserahkan ke masing-masing PTKIN. Prosesnya akan berakhir pada Juni 2022.

"Daftar prodi dan daya tampung UM-PTKIN dapat dilihat pada laman http://www.um-ptkin.ac.id," ungkap pria yang juga merupakan Rektor UIN Walisongo.

Kedua seleksi SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN, sebut dia, akan diikuti calon mahasiswa seluruh Indonesia, tanpa membedakan jenis kelamin, agama, ras, suku, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi.

PTKIN harus tingkatkan mutu

Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, setiap tahun ratusan ribu pendaftar ikut terlibat dalam proses SPAN-UM PTKIN.

Baca juga: Menag Yaqut: Pendaftar SPAN-UM PTKIN Tiap Tahun Alami Peningkatan

Sebagai contoh seleksi di 2021, tidak kurang 280 ribu calon mahasiswa yang mendaftar.

Angka itu terdiri atas 182.890 pendaftar dari dari 11.920 sekolah melalui jalur SPAN PTKIN dan 100.038 pendaftar melalui jalur UM PTKIN.

"Jumlah pendaftar SPAN UM PTKIN tiap tahun terus meningkat. Ini setidaknya menjadi penanda bahwa upaya perluasan akses yang dilakukan Kemenag berhasil," ujar Menag Yaqut.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.