Syarat Masuk Politeknik Milik Badan Pusat Statistik, Kuliah Gratis dan Jadi CPNS

Kompas.com - 21/12/2021, 09:36 WIB

KOMPAS.com - Politeknik Statistika STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik) perguruan tinggi kedinasan di lingkungan Badan Pusat Statistik (BPS). Pembinaan secara fungsional Politeknik Statistika STIS dilaksanakan oleh Kepala Badan Pusat Statistik.

Pada penerimaan mahasiswa baru 2021 lalu, Politeknik Statistika STIS masuk dalam lima besar sekolah kedinasan dengan pendaftar terbanyak, yakni berada di urutan ketiga dengan jumlah pendaftar 15.620 orang. Sementara di peringkat satu ada PKN STAN diikuti IPDN.

Mengacu pada penerimaan mahasiswa pada Juni 2021 lalu, STIS menerima mahasiswa baru dengan status ikatan dinas. Sehingga, lulusan akan diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN). Selama masa pendidikan, mahasiswa juga dibebaskan dari biaya pendidikan, namun tak diberikan uang saku.

Baca juga: Mengenal Sekolah Tinggi Intelijen Negara, Kuliah Gratis dan Jadi CPNS

Pendaftaran perguruan tinggi kedinasan, termasuk pendaftaran Politeknik Statistika STIS biasanya dilakukan pada Maret-April setiap tahun melalui https://sscasn.bkn.go.id/. Bila kamu tertarik, berikut program studi yang ditawarkan dan syarat masuk yang bisa kamu persiapkan, mengacu pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2021 lalu, melansir laman https://spmb.stis.ac.id/:

Program studi

  • D-III Statistika
  • D-IV Statistika
  • D-IV Komputasi Statistik

Cakupan

1. Selama masa pendidikan, mahasiswa dibebaskan dari biaya pendidikan, namun tak diberikan uang saku.

2. Lulusan akan diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan ketentuan:

3. Lulusan Program Diploma III akan diangkat sebagai calon ASN golongan II/c dan akan ditugaskan di Badan Pusat Statistik (BPS) di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga: Syarat Masuk Sekolah Tinggi Milik BMKG, Kuliah Gratis dan Jadi CPNS

4. Lulusan Program Diploma IV akan diangkat sebagai calon ASN golongan III/a dan akan ditugaskan di Badan Pusat Statistik (BPS)/ Kementerian/ Lembaga/ Instansi lainnya di seluruh wilayah Indonesia.

Persyaratan Ikatan Dinas

Untuk dapat mengikuti seleksi PMB Politeknik Statistika STIS, peserta memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

Persyaratan Umum:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.