Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AMSO 2021, Tumbuhkan Intelektual Siswa Sekolah Angkasa

Kompas.com - 21/12/2021, 07:53 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Yayasan Ardhya Garini kembali menggelar Angkasa Mathematic and Science Olympiad (AMSO). Untuk AMSO ke-5 Tahun 2021 ini mengangkat tema "Siswa Sekolah Angkasa: Berani Jujur Generasi Unggul".

Adapun kegiatan ini diselenggarakan secara online mulai dari babak penyisihan hingga babak final dikarenakan pandemi Covid-19 yang masih melanda negara Indonesia.

Tujuan dari kegiatan AMSO ke-5 Tahun 2021 adalah menyediakan wahana bagi siswa jenjang SD, SMP, SMA dan SMK Sekolah Angkasa di seluruh Indonesia termasuk Siswa SMP, SMA dan SMK Lanud Adisutjipto Yogyakarta yang berada di bawah naungan Yasarini Pengurus Cabang Lanud Adisutjipto.

Baca juga: 5 Siswa SMA Raih Golden Tiket Kuliah di IPB, Ternyata Karena Hal Ini

AMSO meliputi pengembangan bakat dan minat di bidang Matematika, IPA, IPA, Fisika, Geografi dan Ekonomi sesuai jenjang sekolah.

Tumbuhkan kemampuan intelektual siswa

Menurut Ketua Yasarini Pengurus Cabang Lanud Adisutjipto, Sonia M. Yani Amirullah, ajang AMSO ini sebagai sarana mempersiapkan dan menumbuhkan kemampuan intelektual, kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kritis pada siswa.

"Selain itu juga untuk membina generasi emas yang unggul dan menghasilkan lulusan yang memiliki abdi agama, abdi bangsa dan abdi ilmu sebagaimana tercantum dalam visi dan misi pendidikan Sekolah Angkasa," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (20/12/2021).

Dijelaskan, olimpiade mata pelajaran merupakan kegiatan menantang bagi peserta didik karena dalam olimpiade tersebut membutuhkan penalaran yang dapat melatih daya pikir.

Baca juga: Tips Belajar Membaca Buku bersama Siswa

Serta dapat melatih bakat dan kemampuan akademis yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir logis dan kreatif dalam pemecahan masalah sehari-hari.

Kegiatan ini tentunya akan memotivasi siswa untuk selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual sehingga dapat memacu kemampuan bernalar siswa.

Selain siswa, tentunya sebagai wadah untuk memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran.

Harus ada sinergitas guru dan siswa

Dalam rangka mempersiapkan kandidat siswa dari tiap sekolah di Sekolah Angkasa Lanud Adisutjipto sejak 10 November 2021 telah melaksanakan seleksi di tingkat cabang. Siswa diberikan bimbingan oleh tim pembimbing AMSO sampai dengan seleksi tingkat pusat.

Lebih lanjut, Sonia mengatakan bahwa semua harus ada sinergitas antara guru dan siswa. Guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam mengajar, sehingga siswa lebih termotivasi dalam memacu kemampuan bernalarnya.

Harapannya, siswa Sekolah Angkasa Lanud Adisutjipto dapat menjadi generasi yang kreatif dan mandiri dalam kehidupan sehari-hari di masa yang akan datang.

Dengan AMSO 2021 ini, Ketua Yasarini Pengurus Cabang Lanud Adisutjipto memberikan dukungan penuh kepada siswa dengan memonitor kesiapan siswa serta memonitor pendampingan yang dilakukan guru terhadap siswa.

Baca juga: Cara Mencegah Flu pada Anak dari Stikes Panti Kosala

Dia berharap dalam ajang AMSO ini, Sekolah Angkasa Lanud Adisutjipto mendapatkan hasil yang terbaik dengan tetap mengutamakan kejujuran sesuai tema AMSO bahwa berani jujur akan menciptakan generasi unggul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com