Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/12/2021, 07:53 WIB
|

KOMPAS.com - Yayasan Ardhya Garini kembali menggelar Angkasa Mathematic and Science Olympiad (AMSO). Untuk AMSO ke-5 Tahun 2021 ini mengangkat tema "Siswa Sekolah Angkasa: Berani Jujur Generasi Unggul".

Adapun kegiatan ini diselenggarakan secara online mulai dari babak penyisihan hingga babak final dikarenakan pandemi Covid-19 yang masih melanda negara Indonesia.

Tujuan dari kegiatan AMSO ke-5 Tahun 2021 adalah menyediakan wahana bagi siswa jenjang SD, SMP, SMA dan SMK Sekolah Angkasa di seluruh Indonesia termasuk Siswa SMP, SMA dan SMK Lanud Adisutjipto Yogyakarta yang berada di bawah naungan Yasarini Pengurus Cabang Lanud Adisutjipto.

Baca juga: 5 Siswa SMA Raih Golden Tiket Kuliah di IPB, Ternyata Karena Hal Ini

AMSO meliputi pengembangan bakat dan minat di bidang Matematika, IPA, IPA, Fisika, Geografi dan Ekonomi sesuai jenjang sekolah.

Tumbuhkan kemampuan intelektual siswa

Menurut Ketua Yasarini Pengurus Cabang Lanud Adisutjipto, Sonia M. Yani Amirullah, ajang AMSO ini sebagai sarana mempersiapkan dan menumbuhkan kemampuan intelektual, kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kritis pada siswa.

"Selain itu juga untuk membina generasi emas yang unggul dan menghasilkan lulusan yang memiliki abdi agama, abdi bangsa dan abdi ilmu sebagaimana tercantum dalam visi dan misi pendidikan Sekolah Angkasa," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (20/12/2021).

Dijelaskan, olimpiade mata pelajaran merupakan kegiatan menantang bagi peserta didik karena dalam olimpiade tersebut membutuhkan penalaran yang dapat melatih daya pikir.

Baca juga: Tips Belajar Membaca Buku bersama Siswa

Serta dapat melatih bakat dan kemampuan akademis yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir logis dan kreatif dalam pemecahan masalah sehari-hari.

Kegiatan ini tentunya akan memotivasi siswa untuk selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual sehingga dapat memacu kemampuan bernalar siswa.

Selain siswa, tentunya sebagai wadah untuk memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+