Kompas.com - 03/12/2021, 09:03 WIB
Ilustrasi wisuda KOMPAS.COM/ShutterstockIlustrasi wisuda

KOMPAS.com - Ada banyak jalan yang bisa mahasiswa tempuh untuk masuk perguruan tinggi. Jalur yang akan segera dibuka ialah Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 yang rangkaian sosialisasinya sudah dimulai sejak Desember 2021 ini.

Meski SNMPTN dan SBMPTN menjadi dua jalur masuk perguruan tinggi populer, namun masih ada jalur lain yang bisa kamu coba.

Berikut 8 (delapan) jalur masuk perguruan tinggi, melansir laman Ruangguru:

Baca juga: Perketat Libur Nataru, Kemendikbud: Pembagian Rapor SD-SMA Januari 2022

1. SNMPTN

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa dikenal sebagai jalur undangan menyeleksi calon mahasiswa berdasarkan prestasi dan portofolio akademik.

Penilaiannya dilihat dari kompetensi sekolah dan prestasi siswanya, di antaranya akreditasi sekolah, nilai rapor, dan persyaratan lain berdasarkan PTN yang dipilih.

Untuk SNMPTN, minimal kuota di setiap PTN adalah 20 persen dari kuota mahasiswa baru yang disediakan. Untuk sekolah yang ingin mengikutsertakan siswanya di jalur SNMPTN, terdapat beberapa persyaratan yang ditentukan berdasarkan akreditasi sekolah, yaitu:

  • Sekolah akreditasi A, siswa yang bisa mengikuti SNMPTN adalah 40 persen terbaik di sekolahnya.
  • Sekolah akreditasi B, siswa yang bisa mengikuti SNMPTN adalah 25 persen terbaik di sekolahnya.
  • Sekolah akreditasi C, siswa yang bisa mengikuti SNMPTN adalah 5 persen terbaik di sekolahnya.

Di jalur SNMPTN, Setiap siswa diperbolehkan memilih 2 prodi dari 1 PTN atau 2 PTN. Disarankan tidak boleh lintas minat.

Untuk jadwal dan syarat SNMPTN 2022, kamu bisa cek lengkapnya SNMPTN 2022: Jadwal, Syarat dan 12 Tahapan Pendaftaran SNMPTN 2022

2. UTBK SBMPTN

Untuk mendaftar ke Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), kamu perlu mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Skor UTBK menjadi syarat wajib untuk mendaftar ke SBMPTN.

Pada jalur UTBK SBMPTN, kamu diperbolehkan memilih 2 prodi dari 1 PTN atau 2 PTN. Untuk kamu yang mengambil IPC, kamu bisa memilih 3 jurusan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.