Kompas.com - 30/11/2021, 18:26 WIB
Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) memiliki gagasan cukup unik yakni mengembangkan ubin yang mampu menghasilkan aliran listrik. Tangkap layar laman UGMMahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) memiliki gagasan cukup unik yakni mengembangkan ubin yang mampu menghasilkan aliran listrik.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak ke-4 di dunia, kebutuhan listrik Indonesia juga cukup banyak.

Saat ini listrik di Indonesia dihasilkan dari beberapa sumber seperti penghasil listrik tenaga air, tenaga uap, tenaga matahari, tenaga angin dan tenaga panas bumi.

Untuk keberlangsungan masa depan bangsa ini, para akademisi perlu memikirkan energi lain untuk menghasilkan listrik.

Bahkan tak menutup kemungkinan saat teknologi makin berkembang, banyak penemuan-penemuan baru tentang energi listrik alternatif yang dapat dikembangkan.

Baca juga: Ini 3 Tipe Komunikasi di Kelas, Kamu Termasuk yang Mana?

Rancang ubin yang menghasilkan aliran listrik

Masih berkaitan dengan penghasil listrik dari energi alternatif lainnya, para mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) memiliki gagasan yang cukup unik.

Mereka merancang gagasan pengembangan ubin yang mampu menghasilkan aliran listrik. Ide tersebut berhasil menghantarkan mereka meraih juara 2 dalam lomba Eco Business Plan Environation 2021 ITS belum lama ini.

"Kami mengajukan rancangan bisnis berupa inovasi ubin penghasil listrik dari hentakan kaki manusia," kata Ketua tim UGM, Bahana Aslamabel seperti dikutip dari laman UGM, Selasa (30/11/2021).

Gagasan ini dibuat Bahana bersama dengan timnya dari Fakultas Teknik UGM yakni Muhammad Amarutsli dan Ferraldy Kurnia Rizqi.

Berkat ide mereka ini, berhasil meraih Juara 2 Lomba Business Plan ‘Environation’ setelah menyisihkan 27 tim lain dari berbagai berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Baca juga: Mahasiswa Itera Teliti Sekam Padi sebagai Sumber Listrik

Floor Electric Generator

Bahana menerangkan, dalam lomba tersebut timnya mengusung konsep pengembangan produk yang dinamai Floor Electric Generator (FELECTRIG).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.