Kompas.com - 04/11/2021, 12:09 WIB
Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka atau Uhamka memiliki Pusat Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan atau Gedung CBT and OSCE Center yang diresmikan Rektor Uhamka, Gunawan Suryoputro pada 3 November 2021. DOK. UHAMKAUniversitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka atau Uhamka memiliki Pusat Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan atau Gedung CBT and OSCE Center yang diresmikan Rektor Uhamka, Gunawan Suryoputro pada 3 November 2021.

KOMPAS.com - Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka atau Uhamka kini memiliki gedung Pusat Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan Uhamka atau Gedung CBT Uhamka and OSCE Center.

Gedung baru tersebut diresmikan Rektor Uhamka, Prof. Gunawan Suryoputro pada 3 November 2021.

Prof. Gunawan Suryoputro menjelaskan, pembangunan gedung Pusat Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan (CBT dan OSCE Center) merupakan bagian dari pengembangan sarana dan prasarana.

“Kunci jaminan mutu agar lulusan kita memiliki komptensi yang diharapkan setidaknya kita harus memerhatikan 3 hal yakni, sumber daya manusia bermutu, kurikulum bermutu, sarana dan prasarana bermutu,” jelas Prof. Gunawan.

Rektor Uhamka berharap, gedung ini dapat menjadi salah satu penunjang Uhamka dalam menciptakan lulusan mandiri dan bermutu sehingga para lulusan dapat menghadapi tantangan di masyarakat dengan baik.

Selain mengembangkan sarana dan prasarana, gedung yang dapat digunakan sebagai ujian kompetensi ini juga dibangun untuk menjalin silaturahim antara fakultas Uhamka lainnya.

Gedung yang terletak di Fakultas Farmasi dan Sains (FFS) Uhamka ini tidak hanya diperuntukan bagi mahasiswa FFS saja, melainkan bagi semua mahasiswa Uhamka yang membutuhkan nantinya.

Baca juga: Bantu Penanganan Covid di RS Sardjito, Unisa Kirim 39 Nakes Sukarelawan

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka atau Uhamka memiliki Pusat Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan atau Gedung CBT and OSCE Center yang diresmikan Rektor Uhamka, Gunawan Suryoputro pada 3 November 2021.
DOK. UHAMKA Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka atau Uhamka memiliki Pusat Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan atau Gedung CBT and OSCE Center yang diresmikan Rektor Uhamka, Gunawan Suryoputro pada 3 November 2021.

Prof. Gunawan menambahkan, “karena kampus Uhamka yang menyebar, cara mendekatkan mahasiswa yang berbeda-beda itu dengan program pembangunan ini, di mana nantinya mahasiswa yang akan melakukan ujian kompetensi dibidang kesehatan atau pun farmasi dapat bertemu di gedung tersebut.” 

Dalam kesempatan sama, Sudarnoto, Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan PP Muhammadiyah memaparkan terealisasikannya pembangunan gedung ini merupakan salah satu pengembangan ilmu pendidikan dan teknologi (IPTEK), sains, serta agama.

Ha ini juga menjadi suatu pembuktian bahwa cara berpikir Muhammadiyah tentang pengimplementasian agama harus menggunakan iptek dan sains secara benar.

“Uhamka telah menjalankan kewajiban akademik, keilmuan dalam rangka menjadikan kampus Muhammadiyah menjadi kampus yang besar dan gedung ini merupakan suatu kebanggaan bagi Muhammadiyah khususnya bagi saya,” ungkapnya.

Gedung Pusat Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan memiliki tiga lantai ini berlokasi di Kampus C Fakultas Farmasi dan Sains, Perumnas Klender Jakarta Timur, dan bantu PT Utama dalam pembangunan dan perawatannya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.