Kompas.com - 02/11/2021, 15:57 WIB

KOMPAS.com - Naufalluthfi Widodo, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) kini bisa merasakan kuliah gratis di salah satu universitas terbaik dunia yakni University of Sussex yang terletak di Inggris.

Kesempatan ini berhasil ia raih dengan mengikuti program Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) yang digelar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Berani mencoba

Naufal berpesan kepada mahasiswa lain yang ingin mengikuti program serupa, yakni harus berani dan terus mencoba.

“Terus mencoba, adalah hal yang terpenting. Sertai dengan proaktif untuk bertanya mengenai program tersebut dan tingkatkan kemampuan diri,” ucapnya seperti dilansir dari laman Unair, Selasa (2/11/2021).

Baca juga: Beasiswa S2 Jepang 2022, Kuliah Gratis dan Tunjangan Rp 18 Juta Per Bulan

Dalam proses seleksi IISMA, Naufal mengatakan bahwa ia membutuhkan waktu sekitar dua bulan.

Proses tersebut dimulai dengan pendaftaran yang mulai dibuka pada sekitar bulan Juni tahun 2021 dan jadwal keberangkatan mulai bulan Agustus di tahun yang sama.

“Utamanya juga harus mempersiapkan mental dan kemauan untuk mengikuti program tersebut. Saya juga mempersiapkan dokumen lain seperti nilai transkrip akademik dan sertifikasi bahasa Inggris yang menjadi hal penting dalam program ini,” jelasnya.

Selama seleksi, mahasiswa Angkatan 2018 tersebut sempat menjumpai kendala berupa pengiriman visa. Beruntung, banyak pihak yang membantu sehingga kendala tersebut tidak terlalu berarti baginya.

Baca juga: Mahasiswa Bersiap, IISMA 2022 Kemendikbud Bakal Gandeng Kampus Top Dunia

Pengalaman kuliah di Inggris

Berkuliah di negara yang cukup jauh dari asalnya yakni Indonesia, bukan tidak mungkin bagi Naufal untuk merasakan adanya perbedaan.

 

“Yang paling berkesan adalah terkait dengan cuaca di Inggris yang cukup dingin. Selain itu, durasi waktu berkuliah yang hanya 8 jam per minggunya dan makanan yang lebih hambar dari Indonesia adalah perbedaan berkesan yang saya rasakan,” ungkapnya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.