Kompas.com - 15/10/2021, 15:42 WIB
Cuci Tangan dengan satu tangan dipraktikkan oleh Ranti 16 tahun penyandang disabilitas fisik. DOK.Save the Children IndonesiaCuci Tangan dengan satu tangan dipraktikkan oleh Ranti 16 tahun penyandang disabilitas fisik.
|

KOMPAS.com - Sejak pandemi Covid-19, seluruh masyarakat diimbau untuk rajin melakukan cuci tangan pakai sabun (CTPS).

Selain kuman, virus dan penyakit tidak masuk ke tubuh, tentu menerapkan CTPS menjaga tubuh agar tetap sehat.

Berkaitan dengan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia yang jatuh pada 15 Oktober, Save the Children Indonesia mengingatkan seluruh pihak untuk memprioritaskan dan mempermudah akses CTPS untuk anak–anak.

Baca juga: Mahasiswa UMM Ciptakan Tempat Cuci Tangan Canggih Kaya Fitur

Tak hanya itu saja, cuci tangan pakai sabun juga penting bagi setiap keluarga penyandang disabilitas.

Pandemi perburuk akses CTPS

Hasil riset Save the Children di 46 negara termasuk di Indonesia pada Juli 2020, menemukan sebanyak 13 persen keluarga tidak memiliki akses terhadap air bersih, termasuk dengan sabun atau pembersih tangan sebanyak 39 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu penyebab adalah faktor ekonomi yang dihadapi keluarga. Keterbatasan akses tersebut membuat 76 persen keluarga khawatir terinfeksi Covid-19 dan penyakit menular.

Menurut Selina Patta Sumbung (CEO Save the Children Indonesia), data itu mengambarkan bahwa kesulitan ekonomi karena dampak pandemi memperburuk akses anak dan keluarga terhadap layanan air.

Bahkan akses sanitasi dan pengobatan terutama untuk anak dan keluarga penyandang disabilitas.

Banyak tantangan bagi penyandang disabilitas

Dikatakan, anak–anak penyandang disabilitas mengalami tantangan dalam menerapkan CTPS baik secara akses yang belum disesuaikan dengan ragam disabilitas anak, juga termasuk ketersediaan air dan sabun.

Di Kabupaten Bandung, Save the Children Indonesia bersama dengan anak–anak penyandang disabilitas yang tergabung dalam Child Campaigner Save our Education mengembangkan video CTPS inklusif.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.