Kompas.com - 15/10/2021, 07:22 WIB
Universitas Sebelas Maret (UNS) menempati peringkat ke 1.201+ dari 1.662 perguruan tinggi di dunia dalam pemeringkatan THE WUR 2022.

Tangkap layar laman UNSUniversitas Sebelas Maret (UNS) menempati peringkat ke 1.201+ dari 1.662 perguruan tinggi di dunia dalam pemeringkatan THE WUR 2022.
|

KOMPAS.com - Kampus negeri di Surakarta, Universitas Sebelas Maret (UNS) meraih penghargaan pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2020/2021.

Menurut Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/10/2021), UNS menempati posisi tinggi (10 persen) dengan poin pencapaian 80 dan memperoleh poin pertumbuhan 774.

Hal itu ada dalam Salinan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Nomor 135/E/KPT/2021.

Baca juga: Wakil Rektor UNS: Ini 2 Sektor Kunci Bangkitkan Perekonomian Indonesia

Yakni tentang Penghargaan Capaian IKU PTN di Lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Tahun 2020/2021.

Dikatakan, Indikator Kinerja Utama atau IKU adalah ukuran atau indikator kinerja suatu instansi, utamanya dalam mencapai tujuan dan sasaran tertentu.

Setiap lembaga atau instansi pemerintah wajib merumuskan IKU dan menjadikan hal itu sebagai prioritas utama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dengan merumuskan IKU, instansi pemerintah bisa mengetahui kinerja mereka selama ini," ujar Rektor UNS.

"Selain itu, IKU juga dapat meningkatkan kinerja mereka untuk ke depannya. Sehingga mereka bisa meraih tujuan, sasaran, dan rencana yang telah ditentukan sebelumnya," imbuhnya.

Prof. Jamal menjelaskan, terdapat delapan Indikator Kinerja Utama perguruan tinggi yang menjadi landasan transformasi perguruan tinggi, yakni:

1. Lulusan mendapat pekerjaan yang layak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.