Kompas.com - 25/09/2021, 16:47 WIB
Kompetisi Olahraga Siswa Nasional atau KOSN yang digelar Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) telah resmi ditutup secara daring pada Sabtu, 25 September 2021. Provinsi Jawa Tengah didaulat sebagai juara umum KOSN 2021 dengan raihan 16 medali. DOK. PUSPRESNAS Kompetisi Olahraga Siswa Nasional atau KOSN yang digelar Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) telah resmi ditutup secara daring pada Sabtu, 25 September 2021. Provinsi Jawa Tengah didaulat sebagai juara umum KOSN 2021 dengan raihan 16 medali.

KOMPAS.com - Kompetisi Olahraga Siswa Nasional atau KOSN yang digelar Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) telah resmi ditutup secara daring pada Sabtu, 25 September 2021. Provinsi Jawa Tengah didaulat sebagai juara umum KOSN 2021 dengan raihan 16 medali.

Provinsi Jawa Tengah mengumpulkan 9 medali emas, 4 medali perak, dan 3 medali perunggu. Disusul posisi kedua, Provinsi Jawa Barat dengan 5 emas, 5 perak, dan 5 perunggu. Posisi juara ketiga diraih Provinsi Kalimantan Barat dengan capaian 2 medali emas.

"Apresiasi yang setinggi-tingginya saya sampaikan kepada para orangtua dan guru yang telah mendukung dan membangun semangat para siswa untuk tetap positif, berprestasi, dan memiliki karakter teladan," ungkap Sesjen Kemendikbud, Suharti dalam sambutan penutupan acara.

Baca juga: Atlet Nasional Berbagi Semangat Kebangsaan dan Pantang Menyerah di KOSN 2021

Dalam kesempatan penutupan KOSN 2021, Sesjen Kemendikbud Ristek Suharti menyampaikan kepada para peserta bahwa untuk menjadi juara membutuhkan perjuangan panjang dan semangat pantang menyerah.

"Atlet yang putus asa tidak akan pernah jadi juara. Jadi adik-adik tetap semangat untuk berlatih dan kami tunggu kiprah adik-adik dalam percaturan tingkat dunia dan membawa harum nama Indonesia," harap Suharti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menjaga imun dan semangat dengan olahraga

Sesjen Kemendikbud Ristek, Suharti, dalam penutupan KOSN 2021 yang digelar Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) telah resmi ditutup secara daring pada Sabtu, 25 September 2021. DOK. PUSPRESNAS Sesjen Kemendikbud Ristek, Suharti, dalam penutupan KOSN 2021 yang digelar Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) telah resmi ditutup secara daring pada Sabtu, 25 September 2021.

Suharti menilai prestasi bidang olahraga tidak hanya mampu menumbuhkan semangat sportifitas dan membangun jiwa raga yang sehat tapi juga menjadi kekuatan Bangsa Indonesia karena banyak cabang olahraga tradisi yang menyimpan nilai-nilai kearifan lokal yang luhur.

Karenanya, Suharti memberikan pesan kepada seluruh siswa untuk aktif berolahraga di tengah PTM terbatas maupun pembelajaran jarak jauh.

"Jadikan olahraga bagian gaya hidup anak-anak. Jangan hanya di depan komputer mengikjuti PJJ tetapi juga melakukan olahraga agar tetap sehat. Jika tidak olahraga imun tubuh akan berkurang. Sambil berolahraga, sambil mencapai prestasi," pesan Suharti.

Dalam kesempatan sama, Plt. Kepala Puspresnas, Asep Sukmayadi menyampaikan, ke depan pelaksanaan KOSN agar diintergrasikan dengan berbagai pemangku kepentingan dalam menguatkan pembinaan prestasi dan talenta olahraga siswa.

"Ke depannya program ini akan dikembangkan secara lebih terintegrasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, organisasi olahraga, dunia usaha dan industri, akademisi, media, dan masyarakat," ungkapnya.

Jumlah siswa mendaftar pada seleksi provinsi pada KOSN 2021 berjumlah 4.033 siswa SD dan SMP serta 3.269 siswa SMA dan SMK. Untuk Pendidikan khusus tidak melakukan seleksi tingkat provinsi.

Baca juga: Ratusan Siswa Antusias Ikuti KOSN 2021 di Tengah Pandemi

Dalam KOSN yang mengangkat tema "Melejitkan Talenta Prestasi Olahraga Peserta Didik untuk Indonesia Pulih", sejumlah siswa Indonesia dari Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) Malaysia, Arab Saudi, Mesir, Thailand juga turut berpartisipasi dalam KOSN tahun ini. 

Dalam masa pandemi ini, KOSN tingkat nasional dilaksanakan secara daring dengan cabang olahraga di antaranya karate dan pencak silat untuk jenjang SD hingga SMA/SMK.

KOSN 2021 juga membuka cabang olahraga khusus bagi siswa berkebutuhan khusus di antaranya; balap kursi roda, bola basket, lompat jauh tanpa awalan, tolak peluru, lempar bola kasti, bocce, bulu tangkis dan tenis meja.

"Seluruh pemenang dan finalis KOSN diharapkan ke depannya dapat terus termotivasi untuk menjadi generasi-generasi hebat di bidang olahraga, sekaligus menjadi contoh profil pelajar Pancasila yang siap berkontribusi untuk Indonesia maju, Indonesia yang gemilang dan tak terbantahkan oleh dunia," pesan Kepala Puspresnas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.