Kompas.com - 24/09/2021, 09:55 WIB
Bincang Gebyar Prestasi Olahraga (23/9/2021) digelar Pusat Prestasi Nasional sebagai bagian dari KOSN 2021 yang berlangsung secara daring 20-26 September 2021. DOK. PUSPRESNASBincang Gebyar Prestasi Olahraga (23/9/2021) digelar Pusat Prestasi Nasional sebagai bagian dari KOSN 2021 yang berlangsung secara daring 20-26 September 2021.

KOMPAS.com - Sejumlah atlet nasional memberikan dukungan kepada siswa yang bertanding dalam Kompetisi Olahraga Siswa Nasional atau KOSN 2021 yang digelar Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) pada 20-26 September 2021.

Salah satu dukungan semangat datang dari atlet paraih 2 medali emas dan 1 medali perak cabang Parabadminton Paralimpiade Tokyo 2021, Leani Ratri Oktila.

"Kalian pun bisa meraih prestasi seperti saya. Jangan pernah menyerah, tetap semangat ya. Ingat ya, tetap berlatih dan jangan pernah putus asa. Jujur itu juara," ujar Leani saat pembukaan KOSN yang digelar secara darin 20 September 2021.

"Jujur itu Juara" memang merupakan salah satu semangat yang digaungkan Puspresnas dalam KOSN 2021 yang mengangkat tema "Melejitkan Talenta Prestasi Olahraga Peserta Didik untuk Indonesia Pulih".

KOSN merupakan rangkaian lomba yang dilaksanakan secara daring, dan diikuti oleh peserta didik jenjang Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, dan Pendidikan Khusus. 

Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Asep Sukmayadi dalam sambutan pembukaan menyampaikan KOSN merupakan pengejawantaan amanat Presiden Joko Widodo untuk menjadikan olahraga sebagai program prioritas pemerintah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"KOSN dilaksanakan dengan tujuan antara lain untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam penguasaan bidang olahraga dan memiliki sikap nilai-nilai luhur, saling menghormati, menghargai keunggulan orang lain, bersahabat, serta sportif," jelas Asep Sukmayadi.

Baca juga: Ratusan Siswa Antusias Ikuti KOSN 2021 di Tengah Pandemi

Inspirasi Dheva, Kiromal dan Hanifan

Dalam bincang "Gebyar Prestasi Olahraga" (23/9/2021) yang digelar sebagai bagian dari KOSN 2021, Kiromal Katibin (Peraih Medali Perak Piala Dunia Panjat Tebing IFSC 2021) dan Dheva Anrimusthi (Peraih Medali Perak Parabadminton Paraolimpiade Tokyo 2021) berbagi insipirasi kepada para siswa prestasi.

Dheva dan Kiromal sepakat, peran sekolah sangat penting bagi siswa yang memiliki bakat atau talenta olahraga dalam mengembangkan dirinya.

"Saya sudah kecil berlatih badminton, tapi tetap ada tanggungjawab di sekolah. Dan setelah lulus, saya bisa fokus di badminton," ungkap Dheva. "Sekolah membantu dari sisi latihan, juga memberikan dukungan dalam pembelajaran di sekolah," tambah Kiromal.

Dheva juga menyampaikan pesan, olahraga juga merupakan prestasi yang tidak kalah penting dibandingkan bidang akademik lain. Terkait hal itu, Kiromal melihat KOSN menjadi wadah  dan kesempatan bagi siswa untuk mengambang talenta olahraga. 

"Adik-adik harus semangat untuk berlatih sehingga nanti bisa juga berprestasi di olimpiade," pesan Dheva. "Adik-adik bisa berprestasi lagi yang tidak kalah dari bidang sains dan juga atlet-atlet yang sekarang," pungkas Kiramol.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.