Kompas.com - 20/09/2021, 17:12 WIB
Ilustrasi mahasiswa DOK. PIXABAYIlustrasi mahasiswa

KOMPAS.com - Persiapan kuliah tatap muka makin dirampungkan banyak kampus. Salah satunya oleh Universitas Airlangga (Unair). Melalui Direktur Pendidikan, Unair menerbitkan Surat Edaran (SE) Tentang Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Semester Gasal 2020/2021.

SE tersebut diterbitkan sebagai bentuk upaya Unair untuk menjamin Quality Education, Reduces Inequalities, serta Good Health and Well-being seluruh sivitas akademika Unair.

Dalam SE bernomor 3140/UN3/PK/2021 menerapkan tiga metode pelaksanaan proses belajar mengajar (PBM) yang diterapkan di Unair, yaitu perkuliahan secara luring, blended/hybrid, dan daring.

Ada sedikit perbedaan pada sistem blended dan hybrid. Blended merupakan kombinasi daring dan luring dalam satu mata kuliah, sedangkan hybrid adalah kombinasi daring dan luring dalam satu pertemuan.

Baca juga: Mahasiswa Bisa Dapat Bantuan UKT Rp 2,4 Juta Kemendikbud Ristek, Ini Syaratnya

Secara umum, perkuliahan luring dilakukan hanya untuk mata kuliah (matkul) dengan capaian pembelajaran pada ranah afektif dan psikomotorik. Perkuliahan blended/hybrid dilakukan untuk matkul dengan capaian pembelajaran ranah kognitif penerapan, analisis, evaluasi dan kreasi, seperti disampaikan Direktur Pendidikan Unair Prof Sukardiman.

Ketentuan Kuliah Tatap Muka Luring dan Blended/Hybrid

Untuk perkuliahan luring dan blended/hybrid standar ruangan yang digunakan harus memiliki luas yang memadai dan sirkulasi udara yang baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ruangan kelas harus diatur dengan jaga jarak minimal 1,5 meter dan maksimal 50 persen dari kapasitas seharusnya.

Pengaturan jadwal perkuliahan harus memperhatikan jarak waktu antar perkuliahan untuk menghindari penumpukan mahasiswa atau bila memungkinkan disediakan ruang transit.

Pengaturan arus keluar masuk mahasiswa dilakukan untuk menghindari kerumunan.

Baca juga: Mahasiswa Dapat Rp 9 Juta Per Semester, Ini Cara Daftar KJMU Tahap II 2021

Khusus untuk blended/hybrid, ada ketentuan tambahan berupa terpasangnya kamera serta LCD atau PC untuk memfasilitasi mahasiswa yang mengikuti perkuliahan secara daring.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.