Kompas.com - 20/09/2021, 14:32 WIB
Ilustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi ShutterstockIlustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Universitas Jember menerima 7.644 mahasiswa baru untuk tahun akademik 2021/2022. Angka itu terdiri dari 7.062 mahasiswa jenjang Sarjana (S1) dan 582 mahasisa jenjang diploma (D3).

Dari total mahasiswa baru itu, ternyata ada lima mahasiswa baru yang usianya masih 16 tahunan.

Baca juga: Kiat Saudara Kembar Lulus Bareng Jadi Sarjana Farmasi Unair

Mereka adalah Paramitha Kartika Dewi dan Putri Mulya Anggraini dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), M. Abdul Karim Al Hakim dan Regina Callista Nailah Puspamaya dari Fakultas Kedokteran (FK), serta Agung Fadlullah Ahmad dari Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik.

Lalu bagaimana mereka menembus persaingan ketat masuk ke Universitas Jember? Berikut dua cerita mahasiswa yang dilansir dari laman Universitas Jember, Senin (20/9/2021).

Paramitha mengaku, masa belajarnya tak ada yang istimewa kala merebut satu kursi kuliah di Universitas Jember lewat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021.

"Namun saya punya prinsip, harus bisa sejajar dengan mereka yang ada di peringkat terbaik di sekolah, caranya yah giat belajar," kata dia melansir laman Universitas Jember.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Prestasi Paramitha memang patut dibanggakan, saat bersekolah di MTs Negeri 2 Jember dan MAN 2 Probolinggo, dia hanya butuh waktu 2 tahun untuk menyelesaikan masing-masing sekolah, karena selalu masuk di program kelas akselerasi.

Tak heran di usianya yang baru 16 tahun 6 bulan dan 23 hari sudah resmi diterima di Universitas Jember.

Dan pilihannya mantap di Program Studi (Prodi) Pendidikan Biologi yang disukainya.

"Masuk ke kelas akselerasi membuat saya harus selalu siap belajar sesuatu yang baru dalam waktu cepat, Alhamdulillah, lingkungan sekolah dan keluarga saya sangat mendukung," ucap wanita yang suka hobi olahraga ini.

Baca juga: Kemendikbud Ristek: Perguruan Tinggi DKI Jakarta Bersiap Jalani PTM Terbatas

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.