Daftar Lengkap Pejuang Literasi Penerima Penghargaan Gemilang Perpustakaan Nasional 2021

Kompas.com - 15/09/2021, 09:22 WIB
Penyerahan penghargaan dikemas dalam acara Gemilang Perpustakaan Nasional, yang tahun ini diselenggarakan bertepatan dengan Hari Kunjung Perpustakaan yang jatuh pada 14 September dan Bulan Gemar Membaca. DOK. PerpusnasPenyerahan penghargaan dikemas dalam acara Gemilang Perpustakaan Nasional, yang tahun ini diselenggarakan bertepatan dengan Hari Kunjung Perpustakaan yang jatuh pada 14 September dan Bulan Gemar Membaca.

KOMPAS.com - Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) secara khusus memberikan tertinggi Nugra Jasadharma Pustaloka kepada pejuang literasi yang mendedikasikan diri pada pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan.

Tidak hanya itu, penerima penghargaan juga dinilai telah secara konsisten menumbuhkembangkan budaya kegemaran membaca dan literasi di Indonesia.

Penyerahan penghargaan diberikan dalam acara "Gemilang Perpustakaan Nasional" (14/9/2021), yang tahun ini diselenggarakan bertepatan dengan Hari Kunjung Perpustakaan yang jatuh pada 14 September dan Bulan Gemar Membaca.

"Kami yakin akan kontribusi dari pemerintah daerah, untuk memiliki kebijakan dalam meningkatkan kemampuan literasi masyarakat Indonesia," ungkap Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando.

Dia meyakini pemerintah daerah akan berkontribusi untuk memiliki kebijakan meningkatkan kemampuan literasi masyarakat Indonesia.

Baca juga: Tingkatkan Literasi Koperasi, Perpusnas dan Kemenkop UKM Jalin Kolaborasi

Kepala Perpusnas juga mengungkapkan, kondisi kegemaran membaca di Indonesia saat ini mengalami kendala keterbatasan bahan bacaan untuk masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian, rasio buku dengan jumlah penduduk masih 1:90.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Artinya, satu buku ditunggu 90 penduduk. Padahal idealnya Indonesia memerlukan tiga buku baru tiap orang tiap tahunnya sesuai standar UNESCO.

Oleh karena itu, pengadaan koleksi bahan bacaan berbasis lokal konten terus digemakan agar setiap masyarakat di daerah wajib mengetahui asal usul kebudayaan dan kearifan lokalnya.

"Saya kira setiap daerah harus bertanggung jawab untuk menuliskan potensi yang dimiliki daerah tersebut. Penting sekali bagi kita untuk menumbuhkan buku-buku lokal konten untuk masyarakat," jelasnya.

Baca juga: Kepala Perpusnas: Literasi Berdampak pada Daya Saing Global Bangsa

Dalam acara ini, Perpustakaan Nasional mengumumkan penerima penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.