Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peduli Kesehatan Mental, UGM Buka Konseling Psikologi Gratis untuk Umum

Kompas.com - 18/08/2021, 18:37 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Sama dengan kesehatan fisik, kesehatan mental juga perlu dijaga terlebih di tengah pandemi Covid-19. Sebab, dampak pandemi dapat membuat seseorang merasakan beberapa gangguan psikis seperti kecemasan berlebihan, stres, hingga kelelahan emosi.

Ketua Kapsigama Universitas Gadjah Mada (UGM), Prabaswara Dewi mengatakan pada kasus ringan hingga sedang, masyarakat dapat memanfaatkan layanan konseling psikologi online untuk mendapatkan bantuan.

Guna menyediakan layanan konseling psikologi online bagi masyarakat, Fakultas Psikologi UGM bersama Kapsigama, dan Paguyuban Alumni Magister Psikologi Profesi (PAMPsi) menginisiasi layanan dukungan psikologi bebas biaya bernama Tenang Lapang.

Baca juga: Wings Group Buka 12 Lowongan Kerja untuk Lulusan D3-S1

“Kami Fakultas Psikologi UGM, Kapsigama, dan Paguyuban Alumni Magister Psikologi Profesi (PAMPsi) memiliki misi yang sama dan kami perlu mengambil bagian untuk pengabdian sosial,” ujar Prabaswara seperti dirangkum dari laman UGM, Rabu (18/8/2021).

Saat ini terdapat 90 relawan psikolog yang tergabung dalam Tenang Lapang untuk melakukan pengabdian ini. Prabaswara mengungkapkan tidak sedikit pula psikolog senior yang bersemangat untuk memberikan konseling.

Bahkan, kata dia, pada hari pertama layanan ini dibuka sudah terdapat 50 appointment konseling mandiri yang dibuat.

“Untuk konseling individu per sesi 1 jam dan available untuk 2 kali pertemuan. Harapannya dari 2 kali sesi konseling peserta konseling bisa lebih tenang dan lebih lapang sehingga lebih jernih untuk mencari jalan keluar,” terang Prabaswara.

Konsultasi Tenang Lapang bagi masyarakat umum ini dapat diakses dengan melakukan pengisian form pada link berikut bit.ly/TenangLapang.

Link tersebut akan tersambung langsung ke dalam whatsapp group. Dalam whatsapp group terdapat diskusi interaktif sesama anggota maupun dengan psikolog relawan. Bagi yang ingin melakukan konsultasi secara individu maka dapat melakukan appointment pada link yang tersedia di dalam whatsapp group.

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

Prabaswara menuturkan kasus psikis yang dihadapi bisa beragam. Pada kasus ringan hingga sedang akan menggunakan media online. Sedangkan pada kasus berat jika memang diperlukan adanya terapi maka akan dirujuk ke UKP Psikologi UGM yang memiliki spesifikasi khusus.

“Kami akan melihat kondisi ke depannya, namun melihat semangat teman teman relawan Tenang Lapang ini sepertinya akan terus berlanjut dan tidak menutup kemungkinan akan memberikan support dalam bentuk yang lain,” ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com