Kompas.com - 15/08/2021, 15:58 WIB
Ilustrasi minum dengan sedotan shutterstockIlustrasi minum dengan sedotan
|

KOMPAS.com - Hingga kini, sampah masih menjadi persoalan bagi siapa saja. Terlebih sampah plastik yang sulit untuk diuraikan.

Terkait sampah plastik, mahasiswa Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahun Alam Universitas Negeri Semarang (Unnes) Melisa Salma Darmawan merasa resah.

Terlebih limbah sedotan plastik yang seringkali mencemari lingkungan. Untuk itu, dia mengemukakan gagasan inovatifnya tentang penggunaan “Edible Straw” dari kulit buah naga.

Baca juga: Dosen UNS Beri Tips bagi Mahasiswa Baru Ikuti PKKMB Daring

Sedotan minum itu ternyata bisa dimakan. Penemuan sedotan yang dapat dimakan ini diharapkan dapat menjadi solusi atas permasalahan tersebut.

Selain itu, pemanfaatan limbah kulit buah naga selain ramah lingkungan juga memiliki banyak manfaat.

Atas buah pikirannya tersebut, berhasil mengantarkannya memperoleh hibah dana PKM dari Kemendikbud Ristek sebesar Rp 8,5 juta.

Selain itu, mahasiswa semester 7 ini juga telah memiliki beberapa hak cipta atas karya-karyanya.

Rektor Unnes, Prof. Fathur Rokhman menyampaikan bahwa gagasan yang disusulkan Melisa selain inovatif juga selaras dengan nilai konservasi Unnes.

"Penggunaan limbah kulit buah naga sebagai bahan sedotan selain inovatif juga bernilai konservasi," ujar Rektor Unnes seperti dikutip dari laman Unnes, Minggu (15/8/2021).

"Kulit buah naga yang biasanya terbuang saat ini dapat diolah menjadi suatu barang yang bernilai ekonomis dan ramah lingkungan," imbuhnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.