Kompas.com - 15/08/2021, 14:50 WIB
Ilustrasi lomba makan kerupuk saat 17 Agustus. SHUTTERSTOCK/DANI DANIARIlustrasi lomba makan kerupuk saat 17 Agustus.
|

KOMPAS.com - Menjelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, selalu ada semarak perayaan yang dilakukan warga.

Rakyat Indonesia merayakan dengan berbagai lomba tiap peringatan 17 Agustus. Salah satu lomba yang selalu ada tiap merayakan 17 Agustus adalah lomba makan kerupuk. Ternyata lomba makan kerupuk ini ada sejarah tersendiri lho.

Dilansir dari akun Instagram resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Minggu (15/8/2021) menjelaskan sejumlah fakta menarik asal mula lomba makan kerupuk tiap tanggal 17 Agustus. Yuk simak bersama informasi berikut ini.

Walaupun perlombaan makan kerupuk terlihat sederhana, namun, lomba ini menyimpan nilai sejarah dan filosofis di dalamnya, lho.

Baca juga: Inovatif, Mahasiswa UB Ciptakan Masker Anticovid-19

Sejarah lomba makan kerupuk

Kerupuk merupakan salah satu makanan pelengkap andalan bagi bangsa Indonesia khususnya pada era 1930 hingga 1940-an.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kala itu, krisis ekonomi sedang terjadi di Indonesia dan menyebabkan harga kebutuhan pangan melonjak sehingga tidak terjangkau oleh masyarakat kalangan menengah ke bawah.

Akhirnya kerupuk pun menjadi salah satu penyambung hidup lantaran harganya yang terjangkau.

Kemudian pada tahun 1950-an mulai bermunculan lomba-lomba untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Salah satunya adalah lomba makan kerupuk.

Baca juga: Adaro Energy Buka Lowongan Kerja Lulusan SMK-D3, Buruan Daftar

Selain untuk menghibur rakyat setelah masa peperangan berakhir, lomba tersebut juga menjadi pengingat bagi masyarakat Indonesia tentang kondisi sulit dan memprihatinkan pada masa perang.

Dahulu pelaksanaan lomba makan kerupuk hanya dilakukan oleh warga menengah ke bawah saja. Tetapi semakin maju bangsa Indonesia, tradisi lomba makan kerupuk sudah berkembang dan merambah ke semua golongan masyarakat.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.