Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/08/2021, 09:46 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Sejumlah lembaga pemeringkatan dunia belum lama telah melansir deretan universitas terbaik di dunia, termasuk Indonesia.

Namun, tahukah kamu kampus-kampus tertua di dunia dan kampus-kampus tertua di Indonesia yang menjadi awal mula perkembangan pendidikan tinggi di tiap negara?

Di Indonesia sendiri, sejarah berdirinya perguruan tinggi mendorong masyarakat untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi, setelah sebelumnya hanya ada sekolah dasar untuk belajar membaca, menulis, dan menghitung.

Berikut 10 universitas tertua di dunia, merangkum laman Kelas Pintar, Rabu (4/8/2021):

Baca juga: 10 Perguruan Tinggi Tertua di Indonesia, Ada Kampus Kamu?

1. Universitas Al Karaouine, Maroko (859 M)

Universitas Al Karaouine atau Al Quaraouiyine di Maroko merupakan universitas yang dipercaya sebagai yang tertua di dunia. Perguruan tinggi ini berdiri tahun 859 Masehi di Kota Fez.

Awal berdiri, universitas ini diperuntukkan untuk ilmu alam, tapi di tahun 1957, jurusan-jurusan lain seperti matematika dan bahasa asing turut ditambahkan.

Universitas ini juga diberikan penghargaan oleh Guinness Book of World Records sebagai universitas tertua yang masih beroperasi hingga saat ini.

2. Universitas Al Azhar, Mesir (970 M)

Universitas Al Azhar di Kairo, Mesir, memang didirikan dari tahun 970 Masehi, tapi baru diakui sebagai universitas di tahun 1961.

Mulanya, perguruan tinggi ini merupakan madrasah dan pusat pembelajaran ilmu Islam.

Tapi seiring waktu, universitas ini mulai mengaplikasikan kurikulum modern dengan mengajarkan berbagai bidang ilmu lainnya, seperti bisnis, ekonomi, sains, hingga teknik.

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

3. Universitas Bologna, Italia (1088 M)

Universitas Bologna yang berdiri di Italia ini merupakan yang pertama di Eropa. Di abad ke-12 hingga ke-13, pelajar dari seluruh penjuru Eropa menimba ilmu di sini.

Walaupun ilmu sipil dan hukum merupakan jurusan yang terpopuler, saat ini Universitas Bologna telah menerima sebanyak 84.000 mahasiswa yang mengambil berbagai jurusan.

4. Universitas Oxford, Inggris (1096 M)

Salah satu universitas ternama di Inggris juga merupakan salah satu yang tertua di dunia. Didirikan tahun 1096 Masehi, mulanya kelas-kelas diadakan di gereja dan aula yang disewakan.

Ketika Raja Henry II melarang warganya untuk belajar di Perancis, Universitas Oxford mulai berkembang pesat.

Hingga saat ini, universitas ini telah melahirkan banyak nama, seperti penulis C. S. Lewis dan Oscar Wilde. Universitas Oxford juga menempati peringkat ke-4 sebagai universitas terbaik di dunia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com