Kompas.com - 04/08/2021, 09:46 WIB
Para wisudawan University of Oxford tengah berjalan di Hertford College. ShutterstockPara wisudawan University of Oxford tengah berjalan di Hertford College.

KOMPAS.com - Sejumlah lembaga pemeringkatan dunia belum lama telah melansir deretan universitas terbaik di dunia, termasuk Indonesia.

Namun, tahukah kamu kampus-kampus tertua di dunia dan kampus-kampus tertua di Indonesia yang menjadi awal mula perkembangan pendidikan tinggi di tiap negara?

Di Indonesia sendiri, sejarah berdirinya perguruan tinggi mendorong masyarakat untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi, setelah sebelumnya hanya ada sekolah dasar untuk belajar membaca, menulis, dan menghitung.

Berikut 10 universitas tertua di dunia, merangkum laman Kelas Pintar, Rabu (4/8/2021):

Baca juga: 10 Perguruan Tinggi Tertua di Indonesia, Ada Kampus Kamu?

1. Universitas Al Karaouine, Maroko (859 M)

Universitas Al Karaouine atau Al Quaraouiyine di Maroko merupakan universitas yang dipercaya sebagai yang tertua di dunia. Perguruan tinggi ini berdiri tahun 859 Masehi di Kota Fez.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Awal berdiri, universitas ini diperuntukkan untuk ilmu alam, tapi di tahun 1957, jurusan-jurusan lain seperti matematika dan bahasa asing turut ditambahkan.

Universitas ini juga diberikan penghargaan oleh Guinness Book of World Records sebagai universitas tertua yang masih beroperasi hingga saat ini.

2. Universitas Al Azhar, Mesir (970 M)

Universitas Al Azhar di Kairo, Mesir, memang didirikan dari tahun 970 Masehi, tapi baru diakui sebagai universitas di tahun 1961.

Mulanya, perguruan tinggi ini merupakan madrasah dan pusat pembelajaran ilmu Islam.

Tapi seiring waktu, universitas ini mulai mengaplikasikan kurikulum modern dengan mengajarkan berbagai bidang ilmu lainnya, seperti bisnis, ekonomi, sains, hingga teknik.

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.