Kompas.com - 03/08/2021, 19:22 WIB
Ilustrasi UMKM makanan dan minuman. Dokumentasi Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi KreatifIlustrasi UMKM makanan dan minuman.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Presiden Jokowi memperpanjang PPKM level 4 hingga 9 Agustus mendatang.

Keputusan ini berlaku bagi daerah yang menerapkan PPKM level baik di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota. Selain di Jawa dan Bali, ada 21 provinsi yang menerapkan PPKM level 4.

Baca juga: UGM Terima 9.210 Mahasiswa Baru di Tahun Akademik 2021/2022

Perpanjangan PPKM ini diharapkan bisa menekan laju lonjakan kasus positif Covid-19 dari paparan penularan varian delta yang dianggap lebih ganas dan lebih cepat menular.

Namun demikian, perpanjangan PPKM level 4 memberikan dampak ekonomi bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang selama ini sudah terkena dampak selama 1,5 tahun belakangan ini.

Peneliti Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan (Pustek) UGM, Hempri Suyatna menuturkan, selama penerapan PPKM darurat level 4 sampai 2 Agustus 2021 saja membuat banyak UMKM yang bangkrut hingga gulung tikar.

Menurut dia, perpanjangan PPKM menjadi ancaman serius terjadinya deindustrialisasi sektor UMKM.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Perpanjangan PPKM level 4 ini berpotensi menambah beban berat pelaku UMKM. Banyak sektor UMKM yang gulung tikar atau alih profesi," ucap dia melansir laman UGM, Selasa (3/8/2021).

Dia mengaku, dalam kondisi pandemi sekarang ini para pelaku sektor UMKM memerlukan tidak hanya modal kerja, namun juga jejaring pemasaran serta fasilitas pengembangan bagi UMKM yang alih profesi.

"Sayangnya ini kurang mampu dilakukan oleh pemerintah," ujar dia.

Hempri menilai pemerintah dan swasta bisa membantu UMKM melalui inovasi-inovasi penerapan protokol kesehatan untuk pelaku UMKM, seperti sistem giliran pedagang. Sehingga tidak terjadi kerumunan.

Baca juga: Rektor UGM Panut Mulyono Jadi Ketua Forum Rektor Indonesia

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.