Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/08/2021, 15:11 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) menerima secara resmi 9.210 mahasiswa baru Program Sarjana dan Diploma IV Tahun Akademik 2021/2022.

Demikian disampaikan Rektor UGM, Prof. Panut Mulyono melansir laman UGM, Senin (2/8/2021).

Baca juga: Aksi Nyata UGM Bantu Pemerintah Tangani Pandemi Covid-19

"Kepada seluruh mahasiswa baru atau Gadjah Mada Muda (Gamada), kami ucapkan selamat datang di Kampus UGM. Dengan bangga kami menyambut kehadiran keluarga baru UGM. Kalian generasi muda unggul, terbaik, dan terpilih," ujar dia.

Dia menyampaikan, selama 71 tahun perjalanan, UGM selalu berusaha memberikan fasilitas terbaik untuk mendukung seluruh sivitas akademika dalam mengembangkan kreativitasnya.

Wujud dari fasilitasi terhadap mahasiswa terlihat dengan capaian UGM memperoleh juara satu selama empat tahun berturut-turut dalam pengelolaan di bidang kemahasiswaan dan PIMNAS.

Lalu sederet prestasi lainnya dalam berbagai kompetisi tingkat nasional dan internasional.

Kreativitas mahasiswa saat ini juga akan lebih dapat disalurkan dan diapresiasi dengan adanya program pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Dia berharap, Gamada baru ini bisa mampu memegang dan melanjutkan estafet perjuangan dengan terus mengembangkan minat dan bakat, serta meningkatkan potensi diri melalui berbagai kreasi.

Peningkatan potensi diri Gamada dapat diraih melalui keaktifan di berbagai kegiatan akademik maupun non-akademik.

Hal ini mendorong dan menantang sivitas UGM semua untuk menorehkan prestasi-prestasi baru yang membanggakan dan mengharumkan nama bangsa Indonesia, di tengah kondisi yang penuh tantangan pandemi Covid-19.

Baca juga: Epidemiolog UGM: Aksi PPKM Darurat Tak Sukses Turunkan Kasus Covid-19

Berbagai penelitian dilakukan dan membuahkan hasil nyata untuk penanganan pandemi Covid-19.

Kegiatan pengabdian untuk kemanusiaan juga dilakukan dalam penanganan Covid-19 dengan melibatkan berbagai pihak.

Dalam proses melahirkan karya dan melaksanakan berbagai kegiatan kemanusiaan sivitas akademika UGM menjunjung tinggi prinsip inklusivitas dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat luas.

Rektor berpesan kepada para Gamada untuk bersama-sama mengusung segenap modal sosial yang tersebar di seluruh penjuru negeri untuk mencapai kesejahteraan sosial yang dicita-citakan.

"Kini, kalian telah resmi menjadi bagian dari keluarga besar UGM. Untuk itu, tanggung jawab besar telah diserahkan di pundak kalian dengan harapan yang besar dan niat yang luhur untuk dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia," tegas Panut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com