Kompas.com - 13/07/2021, 16:53 WIB
Ilustrasi SMK Jabar Dok. Disdik JabarIlustrasi SMK Jabar
|

KOMPAS.com - Salah satu kementerian yakni Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI membuka seleksi CPNS 2021 atau seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2021.

Menariknya, KKP membuka seleksi CASN 2021 bagi lulusan SMK. Hal tersebut tentunya menjadi angin segar bagi lulusan SMK.

Sebab, prospek kerja lulusannya semakin meluas, hingga bisa memasuki ranah kementerian dan menjadi ASN. Artinya, kompetensi lulusan SMK tidak diragukan lagi.

Baca juga: UGM Gelar Webinar Sosialisasi Seleksi CPNS Kementerian Luar Negeri

Menurut Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, (Dirjen Vokasi) Wikan Sakarinto, dia sering kali mengingatkan bahwa melalui pendidikan vokasi dan membangun ekosistem pendidikan vokasi, merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM yang unggul.

Tak hanya itu saja, lulusan SMK juga mampu menjadi problem solver bagi permasalahan yang lahir di masyarakat.

"Lulusan SMK ini kita gembleng tidak hanya belajar teori, tapi 60 persen praktik," ujar Wikan seperti dikutip dari laman Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Sabtu (10/7/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih lanjut menurut Wikan, lulusan SMK juga telah ikut praktik kerja lapangan di industri untuk mengasah kompetensinya, sehingga menjadi lulusan yang kompeten dan mampu berdaya saing global.

Dijelaskan bahwa pendidikan vokasi merupakan win-win solution bagi pemerintah.

Berbekal dengan kompetensi yang tersertifikasi di bidangnya masing-masing, kemudian membaca potensi yang ada membuat lulusan vokasi dapat menjadi lulusan yang siap bekerja dan memasuki dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja (DUDIKA).

Tidak hanya itu, adanya penyelarasan kurikulum yang dilakukan antara industri dan satuan pendidikan vokasi, serta ditanamkannya mindset CEO membuat lulusan vokasi juga dapat berkarir di bidang wirausaha.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.