Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/06/2021, 18:39 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Dalam pengumuman hasil SBMPTN 2021, Prof. Nasih berpesan agar peserta yang dinyatakan lolos agar mencermati persyaratan dari masing-masing universitas.

Salah satunya yakni proses pendaftaran ulang. Selain itu juga ada syarat lain termasuk aspek kesehatan yang menjadi persyaratan masing-masing program studi.

Melalui akun Instagram resminya, Universitas Indonesia (UI) menjelaskan tata cara registrasi ulang calon mahasiswa baru UI jalur SBMPTN 2021.

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan calon mahasiswa baru UI. Yuk simak bersama informasi berikut ini:

Baca juga: Daftar 20 PTN dengan Rerata Tertinggi SBMPTN 2021 Saintek dan Soshum

Tata  cara registrasi uang calon mahasiswa baru UI

Calon mahasiswa baru harus konfirmasi pilihan kelas permohonan mekanisme pengajuan pembayaran

1. Pada tahap ini calon mahasiswa baru UI yang diterima melalui jalur SBMPTN 2021 dapat memilih besaran biaya pendidikan yang hendak dibayarkan. Pilihan pembayaran kuliah S1 reguler dibagi menjadi 2:

  • BOP Berkeadilan: Biaya pendidikan dibayarkan sesuai dengan kemampuan penanggung biaya pendidikan calon mahasiswa. Terdapat 6 kelas yaitu, kelas 1, kelas 2, kelas 3, kelas 4, kelas 5 dan kelas 6.
  • BOP Pilihan: UI juga memberikan kesempatan kontribusi bagi penanggung biaya pendidikan calon mahasiswa dengan mekanisme penetapan biaya pendidikan sesuai dengan kemauan bayar. Terdapat 5 kelas yaitu kelas 1, kelas 2, kelas 3 dan kelas 4 atau kelas 5.

2. Penjelasan lebih lanjut atas pilihan pembayaran biaya pendidikan, termasuk juga calon mahasiswa pendaftar KIP Kuliah dengan cara login pada laman penerimaan.ui.ac.id dan melakukan konfirmasi atas pilihan kelas pengajuan pembayaran.

3. Konfirmasi tersebut wajib dilakukan secara online di laman penerimaan.ui.ac.id dimulai tanggal 14 Juni hingga 18 Juni 2021.

Baca juga: Dua Tumbuhan Ini Bisa Cegah Plak Gigi, Begini Penjelasan Pakar UGM

Pengisian data dan pra registrasi

1. Calon mahasiswa baru yang telah memperoleh Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) dapat melakukan Pra Registrasi pada tanggal 14 Juni hingga 24 Juni 2021.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+