Kompas.com - 02/05/2021, 09:58 WIB
Presiden Joko Widodo bertemu dengan perwakilan keluarga 53 awak KRI Nanggala-402 yang gugur saat bertugas di Pangkalan TNI Angkatan Laut Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (29/4/2021). Diketahui, setelah dilakukan upaya pencarian, KRI Nanggala yang hilang kontak pada Rabu (21/4/2021) pagi, dinyatakan tenggelam dan seluruh awak kapal dinyatakan meninggal dunia. SETPRES/AGUS SUPARTOPresiden Joko Widodo bertemu dengan perwakilan keluarga 53 awak KRI Nanggala-402 yang gugur saat bertugas di Pangkalan TNI Angkatan Laut Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (29/4/2021). Diketahui, setelah dilakukan upaya pencarian, KRI Nanggala yang hilang kontak pada Rabu (21/4/2021) pagi, dinyatakan tenggelam dan seluruh awak kapal dinyatakan meninggal dunia.
|

KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia memastikan akan memberikan beasiswa kepada anak-anak para prajurit KRI Nanggala 402.

Kebijakan ini disampaikan beberapa hari setelah kapal selam KRI Nanggala 402 dinyatakan tenggelam di perairan Bali 21 April 2021 lalu.

Beasiswa bagi anak kru KRI Nanggala 402 dari pemerintah ini, diberikan secara bertahap mulai dari SD hingga kuliah.

Mendukung kebijakan pemerintah ini, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) juga menyediakan beasiswa khusus bagi seluruh putra-putri para prajurit yang dinyatakan gugur dalam insiden tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402.

Baca juga: Siswa, Kenali Bagian dan Cara Kerja Kapal Selam Saat Berada di Lautan

Unesa berikan beasiswa full 

Pemberian beasiswa khusus ini dilakukan bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Minggu (2/5/2021).

Rektor Unesa Prof. Nurhasan menjelaskan, pendidikan gratis yang ditawarkan Unesa adalah beasiswa khusus untuk anak-anak awak kapal selam yang hendak menempuh pendidikan di Unesa.

Skema pendidikan yang ditawarkan Unesa ini gratis dari awal hingga selesai studi.

“Beasiswa ini full gratis. Bukan hanya untuk korban yang berasal dari Surabaya atau Jawa Timur saja. Tetapi untuk seluruh anak-anak dari 53 prajurit yang gugur itu kita siapkan di Unesa. Yang dari luar Jawa Timur pun, kami siapkan dan ini untuk seluruh anak-anak korban,” ungkap Prof. Nurhasan seperti dikutip dari laman Unesa, Minggu (2/5/2021).

Baca juga: Siswa, Ini Nama Kapal Selam Milik TNI AL Selain KRI Nanggala-402

Beasiswa berlaku mulai TK hingga S3

Prof. Nurhasan menerangkan, jenjang pendidikan yang ditawarkan Unesa yakni mulai dari pendidikan dasar hingga menengah atau TK, SD, SMP hingga SMA atau SMK di Labschool Unesa.

Selain itu, juga beasiswa untuk program D4, strata satu (S1), strata dua (S2), dan juga strata tiga (S3) segala jurusan atau prodi di Unesa.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X