Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/05/2021, 09:58 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia memastikan akan memberikan beasiswa kepada anak-anak para prajurit KRI Nanggala 402.

Kebijakan ini disampaikan beberapa hari setelah kapal selam KRI Nanggala 402 dinyatakan tenggelam di perairan Bali 21 April 2021 lalu.

Beasiswa bagi anak kru KRI Nanggala 402 dari pemerintah ini, diberikan secara bertahap mulai dari SD hingga kuliah.

Mendukung kebijakan pemerintah ini, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) juga menyediakan beasiswa khusus bagi seluruh putra-putri para prajurit yang dinyatakan gugur dalam insiden tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402.

Baca juga: Siswa, Kenali Bagian dan Cara Kerja Kapal Selam Saat Berada di Lautan

Unesa berikan beasiswa full 

Pemberian beasiswa khusus ini dilakukan bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Minggu (2/5/2021).

Rektor Unesa Prof. Nurhasan menjelaskan, pendidikan gratis yang ditawarkan Unesa adalah beasiswa khusus untuk anak-anak awak kapal selam yang hendak menempuh pendidikan di Unesa.

Skema pendidikan yang ditawarkan Unesa ini gratis dari awal hingga selesai studi.

“Beasiswa ini full gratis. Bukan hanya untuk korban yang berasal dari Surabaya atau Jawa Timur saja. Tetapi untuk seluruh anak-anak dari 53 prajurit yang gugur itu kita siapkan di Unesa. Yang dari luar Jawa Timur pun, kami siapkan dan ini untuk seluruh anak-anak korban,” ungkap Prof. Nurhasan seperti dikutip dari laman Unesa, Minggu (2/5/2021).

Baca juga: Siswa, Ini Nama Kapal Selam Milik TNI AL Selain KRI Nanggala-402

Beasiswa berlaku mulai TK hingga S3

Prof. Nurhasan menerangkan, jenjang pendidikan yang ditawarkan Unesa yakni mulai dari pendidikan dasar hingga menengah atau TK, SD, SMP hingga SMA atau SMK di Labschool Unesa.

Selain itu, juga beasiswa untuk program D4, strata satu (S1), strata dua (S2), dan juga strata tiga (S3) segala jurusan atau prodi di Unesa.

Prof. Nurhasan menekankan, sudah sepatutnya Unesa memberikan tempat kepada anak-anak prajurit KRI Nanggala yang gugur.

Rektor menilai, para prajurit yang gugur dalam tugasnya menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah patriot bangsa.

"Karena itu, kami di Unesa memberikan penghormatan dan penghargaan penuh kepada para prajurit sejati lewat pendidikan gratis untuk putra-putrinya," imbuh Rektor.

Baca juga: Bahaya Makan Gorengan untuk Buka Puasa, Ini Penjelasan Pakar Gizi

Dalam kesempatan ini, Rektor Unesa dan atas nama seluruh sivitas akademika Unesa, juga menyampaikan rasa duka yang sangat mendalam atas tenggelamnya KRI Nanggala 402 dan gugurnya para patriot bangsa.

"Ini adalah duka kita bersama, duka Indonesia. Semoga para prajurit mendapat tempat yang mulia di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa dan para keluarga diberi ketabahan," tutup Rektor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com