Kompas.com - 22/04/2021, 08:30 WIB
Ilustrasi internet, media sosial. SHUTTERSTOCKIlustrasi internet, media sosial.

KOMPAS.com - Jumlah pengguna internet Indonesia, jika dilihat dari survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia pada kuartal II 2020 saja mencapai 196,7 juta jiwa.

Ini, baru survei tahun 2020. Diperkirakan, tahu ini di mana kemajuan teknologi, aplikasi dan konten yang saat ini semakin beragam di dunia digital mau tidak mau mengerek angka pengguna internet semakin besar.

Namun dari hasil survei, ternyata sebagian besar pengguna didominasi dari generasi milenial. Sayangnya, tidak semua pengguna internet Indonesia melek literasi digital.

Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Ira Mirawati, menjelaskan, literasi digital dibutuhkan sebagai pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital.

Kemampuan ini diperlukan untuk mencari, menilai, menggunakan, serta memproduksi informasi.

Baca juga: Ini Dia, Sosok Dosen TikTok yang Menang di Ajang TikTok Awards 2020

“Kalian buat konten di Instagram, TikTok, update status, itu namanya memproduksi. Itu masuk ke literasi digital. Dan bagaimana kita bisa memanfaatkannya secara sehat, bijak, cermat, dan patuh hukum,” ujar Ira saat menjadi pembicara pada seminar daring “QuBisa Goes to Campus: Generasi Milenial Melek Literasi Digital”, Selasa (20/54/2021) yang dilansir dari situs resmi unpad.ac.id.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ira menjelaskan, ada banyak elemen pada literasi digital yang wajib dimiliki generasi milenial.

Pertama yaitu aspek kultural. Pengguna wajib memahami ragam konteks dari setiap pengguna digital.

Elemen kedua adalah kognitif atau daya pikir dalam menilai konten. Pengguna mesti memproses informasi yang diterima. Elemen ketiga adalah konstruktif atau reka cipta dalam menghasilkan sesuatu.

Baca juga: Djarum Buka Beasiswa Mahasiswa D4-S1, Tunjangan Rp 1 Juta Per Bulan

Selanjutnya, jelas Ira, adalah komunikatif atau memahami kinerja jejaring dan komunikasi di dunia digital. Kelima adalah kepercayaan diri yang bertanggung jawab.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X