Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H-3 UTBK, Cek Kesiapan Kamu Lewat Tryout Gratis Kompas.com-Quipper

Kompas.com - 09/04/2021, 10:57 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Gelombang pertama Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021 sebagai syarat ikut Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 hanya tinggal 3 hari lagi, dimulai Senin 12 April 2021 hingga 18 April 2021. Sementara Gelombang 2 akan dilaksanakan 26 - 30 April 2021 dan 01-04 Mei 2021.

Untuk mengetahui seberapa siap kamu mengikuti UTBK SBMPTN 2021, salah satu langkah yang bisa dilakukan ialah mengikuti simulasi ujian alias tryout.

Tak hanya membuat kamu lebih mengenal jenis-jenis soal UTBK, namun tryout juga membantu kamu memahami jenis materi apa saja yang sudah dan belum dikuasai, sehingga bisa menentukan skala prioritas dalam belajar di waktu yang singkat ini.

Baca juga: Peserta UTBK 2021, Ini Daftar Dokumen yang Harus Dibawa Saat Ujian

Untuk membantu calon mahasiswa melihat peluang di SBMPTN 2021, Kompas.com Quipper menggelar tryout UTBK SBMPTN 2021 gratis, yang berlangsung dari tanggal 5-11 April 2021.

Penilaian layaknya UTBK sungguhan

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan melalui tryout ini, yaitu nilai tryout akan dihitung dengan sistem penilaian IRT (Item Response Theory) yang digunakan oleh LTMPT.

Penilaian dengan IRT akan memberikan bobot nilai sesuai dengan tingkat kesulitan soal.

Semakin banyak soal sulit yang dapat kamu jawab, semakin tinggi pula nilai yang akan kamu dapat.

Jadi, hasil tryout ini bisa membantu kamu untuk mendapatkan gambaran (nilai) seperti pada pelaksanaan UTBK SBMPTN sebenarnya.

Selain itu, kamu juga berkesempatan memenangkan hadiah dengan total Rp 2,5 juta. Yuk, ikutan!

Baca juga: 10 PTN dengan Nilai UTBK Saintek Tertinggi di SBMPTN 2019-2020

Cara daftar

Untuk mengikuti tryout UTBK 2021 gratis ini, kamu bisa kunjungi laman https://duniakuliah.kompas.com/ 

Lalu, buat akun Kompas (pastikan kamu tidak menggunakan alamat email dan username yang sudah kamu miliki di Quipper). Selanjutnya, ikuti petunjuk dari Kompas.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com