Kompas.com - 09/04/2021, 10:57 WIB
Tryout UTBK 2021 Gratis Kompas.com-Quipper Dok. QuipperTryout UTBK 2021 Gratis Kompas.com-Quipper

KOMPAS.com - Gelombang pertama Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021 sebagai syarat ikut Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 hanya tinggal 3 hari lagi, dimulai Senin 12 April 2021 hingga 18 April 2021. Sementara Gelombang 2 akan dilaksanakan 26 - 30 April 2021 dan 01-04 Mei 2021.

Untuk mengetahui seberapa siap kamu mengikuti UTBK SBMPTN 2021, salah satu langkah yang bisa dilakukan ialah mengikuti simulasi ujian alias tryout.

Tak hanya membuat kamu lebih mengenal jenis-jenis soal UTBK, namun tryout juga membantu kamu memahami jenis materi apa saja yang sudah dan belum dikuasai, sehingga bisa menentukan skala prioritas dalam belajar di waktu yang singkat ini.

Baca juga: Peserta UTBK 2021, Ini Daftar Dokumen yang Harus Dibawa Saat Ujian

Untuk membantu calon mahasiswa melihat peluang di SBMPTN 2021, Kompas.com Quipper menggelar tryout UTBK SBMPTN 2021 gratis, yang berlangsung dari tanggal 5-11 April 2021.

Penilaian layaknya UTBK sungguhan

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan melalui tryout ini, yaitu nilai tryout akan dihitung dengan sistem penilaian IRT (Item Response Theory) yang digunakan oleh LTMPT.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penilaian dengan IRT akan memberikan bobot nilai sesuai dengan tingkat kesulitan soal.

Semakin banyak soal sulit yang dapat kamu jawab, semakin tinggi pula nilai yang akan kamu dapat.

Jadi, hasil tryout ini bisa membantu kamu untuk mendapatkan gambaran (nilai) seperti pada pelaksanaan UTBK SBMPTN sebenarnya.

Selain itu, kamu juga berkesempatan memenangkan hadiah dengan total Rp 2,5 juta. Yuk, ikutan!

Baca juga: 10 PTN dengan Nilai UTBK Saintek Tertinggi di SBMPTN 2019-2020

Cara daftar

Untuk mengikuti tryout UTBK 2021 gratis ini, kamu bisa kunjungi laman https://duniakuliah.kompas.com/ 

Lalu, buat akun Kompas (pastikan kamu tidak menggunakan alamat email dan username yang sudah kamu miliki di Quipper). Selanjutnya, ikuti petunjuk dari Kompas.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.