Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/02/2021, 10:11 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com-  Fatma Lailatul, sejak kecil selalu bercita-cita menjadi dokter. Keinginannya menjadi dokter selaku ia pegang erat dan tidak pernah berubah hingga ia duduk di bangku SMA.

Alasan Eli tertarik menjadi dokter karena profesi ini dinilainya sangat mulia. Sampai akhirnya, ia resmi menyandang status mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Jember.

Dibalik upayanya, ada sekelumit kisah yang menarik. Eli, saat memilih kuliah di kedokteran sempat ragu dan tak ingin melanjutkan pilihannya.

"Awalnya sempat ragu juga dengan masalah biaya," ujarnya dilansir dari laman resmi Universitas Jember.

Baca juga: Mahasiswa Dapat Rp 9 Juta Per Semester, Ini Cara Daftar KJMU 2021

Siapa kira, justru orangtuanya yang sangat mendukung Eli. Sang ayah juga aktif mencari informasi biaya kuliah kepada para petugas kesehatan, kenalan, bahkan kepada kakak kelas Eli yang sudah kuliah.

"Maklum kemampuan kami terbatas sehingga harus benar-benar berhitung. Dukungan orang tua dan beasiswa Bidikmisi membuat saya yakin bisa kuliah," tutur Eli.

Eli adalah putri kedua dari pasangan Suyono yang seorang petani, dan ibunya bernama Surip hanyalah Ibu rumah tangga. Mereka tinggal di desa Kesilir, Wuluhan, Jember. Demi memenuhi kehidupan sehari-hari, sang ayah menyewa lahan seluas kurang lebih 180 meter persegi untuk ditanami padi di musim hujan.

Jika musim kemarau tiba, ayahnya memutar roda ekonomi dengan menanam jagung. Terkadang juga mengadu keberuntungan dengan menanam tembakau. Jika sedang tak mampu menyewa lahan, Suyono menjadi buruh tani.

Baca juga: Cara Daftar KIP Kuliah 2021, Bebas Biaya Kuliah dan Tunjangan Bulanan

Eli tahu jika biaya Fakultas Kedokteran tidak sedikit. Apalagi, Eli mengikuti seleksi masuk kedokteran melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Prestasi Eli yang memuaskan selama bersekolah di SMAN Ambulu Jember membuatnya dipercaya mendapatkan beasiswa Bidikmisi pada 2016 (sekarang KIP Kuliah). Ia berhasil masuk ke Universitas Jember melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Untuk itu, ia mencoba mendaftar Bidik Misi dan lolos. Tentu Eli tak mau menyia-nyiakan kesempatan ini. Bagaimanapun caranya, Eli harus membuktikan jika mahasiswa sepertinya sangat layak mengejar mimpi.

Tentu saja Eli bisa meraihnya. Selama ini, Eli memang terkenal pintar dan rajin. Eli juga langganan menempati peringkat pertama secara paralel di sekolahnya. Kala mengikuti SBMPTN, Eli mantap memilih Unej sebagai pilihan, dengan Fakultas Kedokteran sebagai pilihan pertama disusul Fakultas Kedokteran Gigi sebagai pilihan selanjutnya. Kedua pilihan tadi didukung penuh orang tuanya.

Baca juga: Ini Dia, Sosok Dosen TikTok yang Menang di Ajang TikTok Awards 2020

Selama kuliah, Ia rajin membaca catatan kuliah dan buku yang direkomendasikan oleh dosen, selain berdiskusi dengan sesama kawan di kampus.

"Biasanya saya belajar di dini hari menjelang salat subuh agar lebih konsentrasi, berusaha belajar sungguh-sungguh supaya harapan orang tua agar saya jadi dokter terwujud, apalagi belum ada warga desa kami yang jadi dokter," ungkap Eli.

Kesibukan menjalani kuliah, tidak menjadikan Eli lupa membantu orang tua. Setiap kali ada kesempatan pulang ke desanya Eli turun langsung membantu orang tuanya di lahan. Jika saat panen tiba, Eli tak malu ikut memanen padi atau jagung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com