MPLS Daring Jabar Dimulai Hari Ini, Sebagian Sekolah di Sukabumi Tatap Muka

Kompas.com - 13/07/2020, 12:10 WIB
MPLS Daring Jabar 2020/2021 Dok. Disdik JabarMPLS Daring Jabar 2020/2021

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat aktivitas Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS) di hari pertama tahun ajaran baru 2020/2021 tak bisa dilakukan secara tatap muka di sekolah.

Meski begitu, MPLS dinilai harus tetap harus dilaksanakan agar siswa baru dan orangtua lebih mengenal tentang sekolah dan menjadi awal kolaborasi antara orangtua dan sekolah dalam pengembangan potensi anak.

Jawa Barat ( Jabar) menjadi salah satu wilayah yang menyatakan telah menyiapkan MPLS secara maksimal.

Baca juga: Seperti Ini Simulasi Belajar Tatap Muka di Sekolah untuk Zona Hijau

MPLS tingkat SMA, SMK, dan SLB tahun ajaran 2020/2021 di Jabar sudah dimulai hari ini, Senin (13/7/2020), hingga lima hari ke depan yakni 17 Juli 2020.

Materi yang disampaikan sekolah pada masa MPLS Jabar antara lain pengenalan profil sekolah, menyosialisasikan program unggulan sekolah, pengenalan ekstrakulikuler, pendidikan dasar kepemimpinan siswa, mengenalkan Jabar Masagi, dan pendidikan antikorupsi.

MPLS diharapkan mampu menyiapkan mental siswa yang baru memasuki masa pembelajaran di SMA, SMK, dan SLB yang merupakan lingkungan baru.

Hal tesebut disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Pembukaan MPLS Tahun Ajaran 2020/2021 melalui konferensi video, Senin (13/7/2020).

Beberapa Sekolah Sukabumi MPLS tatap muka

Simulasi belajar tatap muka di SMAN 4 Kota SukabumiDok. Disdik Jabar Simulasi belajar tatap muka di SMAN 4 Kota Sukabumi

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar) Dedi Supandi mengatakan, kegiatan MPLS telah disiapkan maksimal, meski sebagian besar MPLS digelar secara daring.

"Ini menjadi sejarah dan cerita kita kepada dunia. Meski di era pandemi Covid-19, kita tetap melaksanakan MPLS dengan sebaik-baiknya," tutur Dedi, saat membuka MPLS tahun ajaran 2020/2021 melalui konferensi video, seperti dirangkum dari laman Disdik Jabar.

Baca juga: Mendikbud Jelaskan 3 Fokus Penyederhanaan Kurikulum Selama Pandemi

Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X