Dukung New Normal, UGM Buat Pasar Online untuk UMKM di Yogyakarta

Kompas.com - 03/06/2020, 08:00 WIB
Ilustrasi UMKM makanan dan minuman Dokumentasi Biro Komunikasi KemenparekrafIlustrasi UMKM makanan dan minuman

KOMPAS.com - Sekolah Vokasi (SV) UGM melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) memfasilitasi pembuatan pasar online bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Yogyakarta.

Pasar online diluncurkan sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah dalam menjalankan skema kehidupan New Normal.

Salah satu pengembang warungjogja.com, Faiz Zamsani menyampaikan pasar online tersebut dapat diakses di warungjogja.com dan melalui media sosial Facebook dan Instagram.

Melalui pasar online diharapkan dapat meminimalkan kerumunan dan kontak langsung antara penjual dan pembeli sehingga mencegah penyebaran COVID-19.

Tak hanya itu, pasar online juga ditujukan untuk bisa selalu menghidupkan UMKM dan membantu masyarakat Yogyakarta dalam memenuhi kebutuhan harian. Dengan bertransaksi secara online bisa mengurangi kegiatan di luar rumah.

warungjogja.com ini merupakan platform penyedia informasi keberadaan UMKM penyedia kebutuhan harian yang ada di sekitar tempat tinggal. Dengan menggunakan platform ini berarti Anda juga telah ikut membantu UMKM,” jelas Faiz seperti dikutip dari laman UGM.

Pengembangan platform ini dilakukan Faiz bersama dengan timnya yang merupakan dosen dari Departemen Ekonomika dan Bisnis (DEB) serta Dosen dari Departemen Teknik Elektro dan Informatika (DTEDI) dan Departemen Layanan dan Informasi Kesehatan (DLIKES) SV UGM.

Baca juga: Sosiolog UGM: Infrastruktur Kesehatan Prasyarat Utama

Secara khusus pasar online ini memfasilitasi UMKM di wilayah Yogyakarta yang selama ini belum terinformasikan di media online.

UMKM yang tergabung adalah UMKM yang menjual bahan-bahan seperti sembako, gas, air mineral, snack, jajanan pasar, buah, lauk, sayur, daging, ikan, frozen food, multivitamin, dan suplemen/herbal.

Ia mengatakan dengan tersedianya informasi penjualan UMKM tersebut maka masyarakat bisa langsung berkomunikasi dengan para penjual yang disajikan pada website dengan menghubungi melalui kontak (Whatsapp) serta dapat melihat lokasi warung tersebut dari rumah masing-masing.

Pasar online secara resmi dapat diakses oleh warga Yogyakarta mulai Selasa, 2 Juni 2020.

Sementara bagi UKM yang berminat untuk menginformasikan produknya juga dapat mendaftarkan melalui kontak admin yang disediakan.

Pengabdian masyarakat untuk tanggap Covid-19

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X