Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dukung New Normal, UGM Buat Pasar Online untuk UMKM di Yogyakarta

Pasar online diluncurkan sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah dalam menjalankan skema kehidupan New Normal.

Salah satu pengembang warungjogja.com, Faiz Zamsani menyampaikan pasar online tersebut dapat diakses di warungjogja.com dan melalui media sosial Facebook dan Instagram.

Melalui pasar online diharapkan dapat meminimalkan kerumunan dan kontak langsung antara penjual dan pembeli sehingga mencegah penyebaran COVID-19.

Tak hanya itu, pasar online juga ditujukan untuk bisa selalu menghidupkan UMKM dan membantu masyarakat Yogyakarta dalam memenuhi kebutuhan harian. Dengan bertransaksi secara online bisa mengurangi kegiatan di luar rumah.

“warungjogja.com ini merupakan platform penyedia informasi keberadaan UMKM penyedia kebutuhan harian yang ada di sekitar tempat tinggal. Dengan menggunakan platform ini berarti Anda juga telah ikut membantu UMKM,” jelas Faiz seperti dikutip dari laman UGM.

Pengembangan platform ini dilakukan Faiz bersama dengan timnya yang merupakan dosen dari Departemen Ekonomika dan Bisnis (DEB) serta Dosen dari Departemen Teknik Elektro dan Informatika (DTEDI) dan Departemen Layanan dan Informasi Kesehatan (DLIKES) SV UGM.

Secara khusus pasar online ini memfasilitasi UMKM di wilayah Yogyakarta yang selama ini belum terinformasikan di media online.

UMKM yang tergabung adalah UMKM yang menjual bahan-bahan seperti sembako, gas, air mineral, snack, jajanan pasar, buah, lauk, sayur, daging, ikan, frozen food, multivitamin, dan suplemen/herbal.

Ia mengatakan dengan tersedianya informasi penjualan UMKM tersebut maka masyarakat bisa langsung berkomunikasi dengan para penjual yang disajikan pada website dengan menghubungi melalui kontak (Whatsapp) serta dapat melihat lokasi warung tersebut dari rumah masing-masing.

Pasar online secara resmi dapat diakses oleh warga Yogyakarta mulai Selasa, 2 Juni 2020.

Sementara bagi UKM yang berminat untuk menginformasikan produknya juga dapat mendaftarkan melalui kontak admin yang disediakan.

Pengabdian masyarakat untuk tanggap Covid-19


Plt. Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Alumni, dan Hubungan Internasional SV UGM, Dr. Silvi Nur Oktalina menyampaikan bahwa Program kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat tahun 2020 ini banyak yang diarahkan dalam rangka tanggap Covid-19.

Salah satunya adalah pembuatan pasar online dengan nama warungjogja.com.

Menurutnya, kegiatan ini sangat strategis dalam rangka menghubungkan produsen dan konsumen untuk bertransaksi tanpa harus keluar rumah sehingga dapat ikut mengurangi risiko penyebaran Covid-19.

warungjogja.com juga bertujuan untuk membantu UMKM di Yogyakarta memasarkan produk yang dihasilkan sehingga roda perekonomian tetap berjalan.

“Terima kasih kami pada Bapak Faiz Zamzami dan tim yang telah menyiapkan pasar online ini untuk seluruh warga Jogja. Kepada seluruh warga Jogja silakan dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk bertransaksi sehingga dapat ikut memotong penyebaran Covid-19. Semoga Allah SWT meridhoi semua niat baik kita dan menjaga seluruh warga Jogja tetap sehat sehingga selalu dapat berkarya,” paparnya.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Daerah Istimewa Yogyakarta, Srie Nurkyatsiwi, sangat mengapresiasi peluncuran pasar online ini. Dia berharap warungjogja.com dapat bersinergi dengan SiBakul yang dibuat oleh Dinkop DIY untuk mengembangkan sistem dengan pelaku UMKM terkait pembinaannya dengan tetap menjaga kualitas dan kontinuitas produk yang dijual.

Tak hanya itu, harapannya sinergi antara UGM dan Diskop atau pemerintah tetap berjalan dengan baik guna menjadi solusi ketahanan pangan serta ketahanan ekonomi daerah pada masa pandemi Covid-19.

https://www.kompas.com/edu/read/2020/06/03/080000471/dukung-new-normal-ugm-buat-pasar-online-untuk-umkm-di-yogyakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke