Kompas.com - 25/04/2020, 07:55 WIB
Tangkapan layar Belajar dari Rumah di TVRI DOK. TVRITangkapan layar Belajar dari Rumah di TVRI

KOMPAS.com - Sebagai cara menghadirkan metode belajar yang lebih bervariasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tengah menyiapkan 720 episode untuk penayangan program Belajar dari Rumah selama 90 hari di TVRI.

Mahalnya kuota internet dan keterbatasan kesediaan jaringan di sejumlah wilayah diharapkan tak lagi menjadi kendala siswa untuk tetap bisa belajar dari rumah.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan, meskipun Kemendikbud sudah menjalin kerja sama dengan platform teknologi milik swasta untuk memfasilitasi siswa belajar di rumah, namun masih banyak sekolah di daerah yang tidak memiliki akses internet hingga keterbatasan dana untuk kuota internet atau pulsa.

Baca juga: Orangtua Beri Iming-iming Agar Anak Mau Belajar, Bolehkah?

"Kemendikbud ingin memastikan bahwa dalam masa yang sangat sulit ini ada berbagai macam cara untuk mendapatkan pembelajaran dari rumah, salah satunya melalui media televisi. Karena itu kami meluncurkan program Belajar dari Rumah," ujar Nadiem dalam konferensi video pada Kamis (9/4/2020) lalu.

 

Namun, tak sekadar untuk memenuhi kurikulum semata, sejumlah tayangan di TVRI juga dihadirkan untuk menanamkan nilai-nilai karakter dan juga kebudayaan.

Berikut jadwal terbaru tayangan "Belajar dari Rumah" TVRI akhir pakan, 25 - 26 April 2020 (jadwal ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan penyiaran TVRI dan Kemendikbud):

Baca juga: Agar Anak Kompeten, Najelaa: Beri Anak Umpan Balik, Bukan Nilai

25 April 2020

08.00 - 09.00: Cerita Sabtu Pagi Animasi: "Aquiescene"
Fiksi Remaja: Pesan Layang-Layang, Seikat Jiwa, Sekeping Tanggung Jawab, Profil Remy Silado, Profil Putu Wijaya

09.00 - 09.30: Gelar Wicara Asli Indonesia: Siasat Seni dan Industri Kreatif Menghadapi Pandemi 1

10.00 - 10.30: Cerita Indonesia: Dokumenter "Gerabah Ouw Sempe Balanga"

10.30 - 11.00: Ragam Indonesia: Kain Batik, Membuat Perahu Phinisi, Noken Papua

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X