Mahasiswa Hingga Semester Tiga Terdampak Corona Masih Bisa Daftar KIP Kuliah

Kompas.com - 09/04/2020, 20:39 WIB
Ilustrasi Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah DOK. KEMENDIKBUDIlustrasi Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah

KOMPAS.com - Mahasiswa hingga semester tiga dengan kondisi ekonomi terdampak karena wabah virus corona masih bisa mengajukan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Mahasiswa bisa mengajukan pendaftaran KIP Kuliah melalui perguruan tinggi.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud), Abdul Kahar.

"Dengan kondisi Covid-19 sekarang khususnya pendaftaran mahasiswa baru di Perguruan Tinggi. Layanan KIP Kuliah tahun ini bukan pendaftar baru yang kita biayai termasuk yang on going sampai semester 3," ujar Kahar kepada Kompas.com lewat sambungan telepon, Kamis (9/4/2020).

Menurutnya, tahun ini pendaftaran KIP Kuliah dibuka sampai semester 3 lantaran kemungkinan tak terdaftar karena keterbatasan kuota KIP meskipun memenuhi syarat. Kahar menyebutkan banyak mahasiswa yang terancam putus kuliah karena orangtua kehilangan pekerjaan karena terdampak corona.

"Apalagi dengan sekarang perusahaan-perusahan swasta kehilangan pekerjaan, pekerja sektor informal yang tiba-tiba di rumah karena ancaman virus ini sehingga kehilangan pekerjaan. Ini belum tahu sampai kapan. Kita khawatirkan jangan sampai anak-anak kita drop out dari perguruan tinggi," tambah Kahar.

Mahasiswa hingga semester tiga yang terdampak karena corona bisa mengusulkan untuk mendapatkan KIP Kuliah ke perguruan tinggi dengan syarat-syarat dokumen tertentu. Kemudian, perguruan tinggi bisa mengusulkan ke Kemendikbud.

"Sekarang dengan Kartu Pra Kerja yang diluncurkan presiden. Ini salah satu bukti bahwa orangtuanya kehilangan kerja," tambahnya.

Baca juga: Cara Mendaftar KIP Kuliah, Catat dan Ikuti Tahapannya

Adapun syarat-syarat yang bisa dilampirkan seperti surat tanda Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), surat-surat keterangan pekerjaan dari pemerintah, dan dokumen-dokumen lain.

Kahar mengatakan Kemendikbud saat ini sedang mensosialisasikan penambahan pendaftaran KIP Kuliah ke perguruan-perguruan tinggi di Indonesia. Ia menambahkan, KIP Kuliah ini nantinya juga bisa dijangkau oleh mahasiswa-mahasiswa yang berkuliah di program studi berakreditasi C di kota-kota tertentu.

"Kami buka akreditasi C pun dalam situasi tertentu bisa menerima KIP Kuliah," tambahnya.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X