SNMPTN 2020, Ini Program Studi yang Paling Diminati di UI

Kompas.com - 09/04/2020, 16:25 WIB
Universitas Indonesia ShutterstockUniversitas Indonesia

KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) menerima 1.106 mahasiswa baru S1 Reguler dari total pendaftar SNMPTN 2020 sebanyak 17.356 peserta.

Kepala Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru UI (PMB UI) Gunawan, menuturkan, “Selamat atas keberhasilan adik-adik para calon mahasiswa baru UI yang telah berhasil lulus dan unggul di antara belasan ribu peminat UI melalui jalur SNMPTN.

"Namun, bagi mereka yang belum lulus, jangan putus semangat, tetap berjuang mempersiapkan diri menuju seleksi-seleksi berikutnya dan kesempatan masih terbuka luas," kata Gunawan dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Gunawan juga mengungkapkan bahwa pada tahun ini, sejumlah program studi yang paling banyak diminati oleh peserta SNMPTN 2020 adalah Pendidikan Dokter, Sistem Informasi, dan Ilmu Komputer pada jurusan IPA.

Sementara, pada jurusan IPS yang paling banyak peminatnya adalah Ilmu Hukum, Psikologi, dan Akuntansi.

Pada SNMPTN 2019, program studi yang paling diminati peserta SNMPTN yaitu Pendidikan Dokter, Ilmu Kesehatan Masyarakat, dan Sistem Informasi. Pada program studi dari IPS adalah Ilmu Hukum, Manajemen, dan Psikologi.

Baca juga: Pengumuman SNMPTN 2020, Ini Hal Wajib Diperhatikan Setelah Lulus Seleksi

Dari informasi tersebut bisa dilihat Pendidikan Dokter, Ilmu Hukum, dan Psikologi masih menjadi favorit mahasiswa dua tahun ke belakang.

Sebanyak 96.496 siswa dinyatakan lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2020.

Pengumuman SNMPTN dilakukan mulai pukul 13.00 WIB lewat laman resmi LTMPT di https://portal.ltmpt.ac.id/.

Setelah menuju laman tersebut, kamu cukup memasukkan nomor pendaftaran LTMPT atau Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Setelah itu, cukup klik tombol hasil.

Pengumuman SNMPTN 2020 tersebut berdasarkan Surat Edaran Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Nomor: 08/SE.LTMPT/2020 Tentang Jadwal Pengumuman SNMPTN 2020.

Pengumuman SNMPTN 2020 di Harian KompasDOK. HARIAN KOMPAS Pengumuman SNMPTN 2020 di Harian Kompas

Secara khusus, Kompas.com juga memberikan link hasil pengumuman resmi SNMPTN 2020 melalui tautan sbmptn.kompas.com/2020 serta akan diumumkan melalui harian Kompas pada tanggal 9 April 2020.

Kompas.com menghadirkan liputan khusus "SBMPTN 2020" dengan konten berbagai informasi dan tips terkait SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN, serta fitur Tes Minat Bakat dan Try Out gratis melalui tautan sbmptn.kompas.com/2020.


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X