Wabah Corona, Daftar Ulang SNMPTN 2020 Dilakukan Secara Online

Kompas.com - 08/04/2020, 18:09 WIB
Suasasa di Kampus Universitas Indonesia pada 23 Agustus 2019, saat organisasi Hutan itu Indonesia membagikan 8.000 untuk para mahasiswa baru, sebagai bagian dari kampanye Hutanku Napasku. DOKUMENTASI HUTAN ITU INDONESIASuasasa di Kampus Universitas Indonesia pada 23 Agustus 2019, saat organisasi Hutan itu Indonesia membagikan 8.000 untuk para mahasiswa baru, sebagai bagian dari kampanye Hutanku Napasku.

KOMPAS.com - Sejumlah perguruan tinggi negeri memberlakukan verifikasi peserta SNMPTN 2020 secara online dalam rangka pencegahan penularan virus corona. Proses registrasi mahasiswa baru melalui laman resmi yang telah ditentukan masing-masing kampus.

Universitas Indonesia misalnya, menetapkan proses verifikasi secara online berkenaan dengan situasi pandemi virus Corona. Universitas Indonesia (UI) misalnya menerima 1.106 mahasiswa baru S1 Reguler dari total pendaftar SNMPTN 2020 sebanyak 17.356 peserta.

"Untuk itu, bagi mahasiswa yang dinyatakan diterima di UI melalui SNMPTN 2020 diwajibkan untuk mengunggah kartu tanda peserta SNMPTN tahun akademik 2020/2021 dan scan rapor asli semester 1 sampai 5 di laman www.penerimaan.ui.ac.id mulai 13 - 19 April 2020. Dokumen yang diunggah harus dalam bentuk pdf," kata Kepala Humas dan Kantor Informasi Publik, Amelita Lusia dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Calon mahasiswa baru dinyatakan mengundurkan diri apabila pada jadwal yang telah ditentukan tidak mengunggah dokumen. Lebih lanjut, Peserta yang lolos verifikasi rapor akan diumumkan di laman penerimaan.ui.ac.id pada tanggal 23 April 2020.

Universitas Padjajaran (Unpad) juga menerapkan proses registrasi administratif mahasiswa secara online. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad, Arief Sjamsulaksan Kartasasmita, mengatakan, tahun ini Unpad menyelenggarakan registrasi administratif bagi mahasiswa jalur SNMPTN secara daring.

Baca juga: Pengumuman SNMPTN 2020, Pendaftar Terbanyak Berasal dari Jawa Barat

Oleh karena itu, peserta wajib menyiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan untuk proses pendaftaran.

“Segera mengunjungi laman Unpad untuk mempelajari proses registrasi /daftar ulang. Tidak perlu datang ke kampus, semua akan dilakukan secara online,” ujar Arief seperti dikutip dari laman Unpad.

Bagi peserta yang dinyatakan lulus SNMPTN ke Unpad, wajib melaksanakan registrasi dan mengunggah dokumen yang disyaratkan.

Ketentuan pelaksanaan registrasi tersebut antara lain, melangkapi biodata dan unggah dokumen yang disyaratkan di laman https://students.unpad.ac.id/peserta/ mulai 13 – 24 April 2020 pukul 17.00 WIB.

Unpad akan melakukan verifikasi pada data dan dokumen yang diunggah mulai 15 April hingga 11 Mei 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X