Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Daftar LTMPT, Selanjutnya Kenali Soal-Soal UTBK SBMPTN Ini

Kompas.com - 01/04/2020, 10:51 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

 

KOMPAS.com- Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) resmi menunda pelaksanaan Ujian tulis berbasis komputer (UTBK) hingga waktu yang belum ditentukan sebagai langkah tanggap darurat Covid-19.

Walau begitu, LTMPT menyarankan siswa segera memiliki akun LTMPT agar bisa mengikuti UTBK. Pendaftarannya akun LTMPT UTBK berlangsung hingga 5 April 2020 pukul 22.00.

"Halo selamat malam, H-8 penutupan Registrasi Akun LTMPT Tahap 2. Yang belum memiliki akun LTMPT pada tahap pertama (untuk SNMPTN) hayuk segera melakukan registrasi melalui laman https://portal. ltmpt.ac.id/ agar bisa mengikuti UTBK dan SBMPTN 2020," tulis laman resmi media sosial LTMPT, Sabtu (28/3/2020).

Hingga berita ini dirilis, maka pendafataran akun LTMPT untuk UTBK SBMPTN masih ada 4 hari lagi.

UTBK sendiri merupakan ujian bagi siswa SMA dan sederajat untuk bisa masuk ke perguruan tinggi. Sehingga walaupun ditunda, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) menegaskan UTBK akan tetap akan dilaksanakan.

Baca juga: UN Batal, UTBK SBMPTN Tetap Diadakan dengan Sistem Rolling

Untuk pelaksanaannya sendiri, Kemendikbud kini tengah menyiapkan mekanisme UTBK SBMPTN di tengah wabah corona dan akan mengumumkan hasilnya dalam beberapa waktu ke depan.

Nadiem menyebutkan, metode yang saat ini sedang dirumuskan oleh Kemendikbud seperti metode "rolling" dan "shifting", yakni diselenggarakan secara tidak serentak dan berdasarkan rumusan Kemendikbud.

Untuk materi soal, LTMPT membagi materi UTBK 2020 menjadi dua kategori, yakni Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA).

Berikut penjelasan dan link portal edukasi yang menyediakan soal-soal UTBK.

Baca juga: UN 2020 Ditiadakan, Kenali Soal-soal Asesmen Pengganti UN Ini

Materi Tes Potensi Skolastik (TPS)

TPS bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif siswa yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

Penilaian TPS terdiri dari:

  • Kemampuan penalaran umum.
  • Kemampuan kuantitatif berupa pengetahuan dan penguasaan matematika dasar.
  • Pengetahuan dan pemahaman umum.
  • Kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Perlu menjadi perhatian, bahasa yang digunakan pada TPS sebagian menggunakan bahasa Inggris. Sehingga siswa perlu menyiapkan diri dengan cara berlatih soal dalam bahasa Indonesia maupun Inggris.

Tes Kompetensi Akademik (TKA)

TKA atau sering disebut Tes Potensi Akademik (TPA) akan mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah. Kemampuan akademik sangat diperlukan siswa untuk bisa berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi.

Target utama tes ialah mendapatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS). Dengan kata lain, HOTS akan melihat sejauh mana penguasaan materi pelajaran yang dimiliki siswa.

Baca juga: 4 Tips Belajar Efektif Hadapi UTBK SBMPTN di Rumah dari Zenius

Namun, penguasaan ini tak hanya sekadar hapalan materi pelajaran saja, tetapi juga membutuhkan analisis dan kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah soal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com