Sudah Daftar LTMPT, Selanjutnya Kenali Soal-Soal UTBK SBMPTN Ini

Kompas.com - 01/04/2020, 10:51 WIB
Ilustrasi belajar monkeybusinessimagesIlustrasi belajar

 

KOMPAS.com- Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT) resmi menunda pelaksanaan Ujian tulis berbasis komputer ( UTBK) hingga waktu yang belum ditentukan sebagai langkah tanggap darurat Covid-19.

Walau begitu, LTMPT menyarankan siswa segera memiliki akun LTMPT agar bisa mengikuti UTBK. Pendaftarannya akun LTMPT UTBK berlangsung hingga 5 April 2020 pukul 22.00.

"Halo selamat malam, H-8 penutupan Registrasi Akun LTMPT Tahap 2. Yang belum memiliki akun LTMPT pada tahap pertama (untuk SNMPTN) hayuk segera melakukan registrasi melalui laman https://portal. ltmpt.ac.id/ agar bisa mengikuti UTBK dan SBMPTN 2020," tulis laman resmi media sosial LTMPT, Sabtu (28/3/2020).

Hingga berita ini dirilis, maka pendafataran akun LTMPT untuk UTBK SBMPTN masih ada 4 hari lagi.

UTBK sendiri merupakan ujian bagi siswa SMA dan sederajat untuk bisa masuk ke perguruan tinggi. Sehingga walaupun ditunda, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) menegaskan UTBK akan tetap akan dilaksanakan.

Baca juga: UN Batal, UTBK SBMPTN Tetap Diadakan dengan Sistem Rolling

Untuk pelaksanaannya sendiri, Kemendikbud kini tengah menyiapkan mekanisme UTBK SBMPTN di tengah wabah corona dan akan mengumumkan hasilnya dalam beberapa waktu ke depan.

Nadiem menyebutkan, metode yang saat ini sedang dirumuskan oleh Kemendikbud seperti metode "rolling" dan "shifting", yakni diselenggarakan secara tidak serentak dan berdasarkan rumusan Kemendikbud.

Untuk materi soal, LTMPT membagi materi UTBK 2020 menjadi dua kategori, yakni Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA).

Berikut penjelasan dan link portal edukasi yang menyediakan soal-soal UTBK.

Baca juga: UN 2020 Ditiadakan, Kenali Soal-soal Asesmen Pengganti UN Ini

Materi Tes Potensi Skolastik (TPS)

TPS bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif siswa yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X