Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Beasiswa Pertukaran Pelajar ke Amerika untuk Lulusan SMA hingga S1

KOMPAS.com - Beasiswa pertukaran pelajar atau student exchange adalah sebuah beasiswa yang dapat dimanfaatkan bagi pelajar hingga mahasiswa apabila ingin mendapatkan pengalaman belajar di ranah internasional untuk memperluas jaringan.

Saat mengikuti beasiswa ini, mereka tidak hanya akan memperoleh ilmu yang baru, tetapi juga berkesempatan untuk mengembangkan pengetahuan melalui interaksi dengan budaya yang berbeda di negara tempat pertukaran.

Bagi kamu yang sedang mencari program student exchange, American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) saat ini membuka pendaftaran Community College Initiatives Program.

Program ini adalah beasiswa non-gelar yang dimaksudkan untuk membangun keterampilan teknis, meningkatkan kemampuan kepemimpinan, dan memperkuat kemahiran bahasa Inggris.

Melalui program ini, peserta diberikan kesempatan untuk magang profesional, pembelajaran pengabdian, dan kegiatan keterlibatan masyarakat. Peserta program ini akan menempuh studi selama satu tahun akademik di Amerika Serikat dan memperoleh sertifikat dari bidang studi yang ditempuh.

Diharapkan ilmu yang mereka dapatkan setelah menempuh satu tahun pendidikan di Amerika dapat membawa keahlian baru untuk berkontribusi pada pembangunan ekonomi negara.

Beasiswa ini juga difokuskan untuk membantu pelamar yang berada di luar kota besar Indonesia dan di provinsi-provinsi luar Pulau Jawa, yang secara historis memiliki peluang lebih sedikit untuk studi di luar negeri.

Peserta yang mengajukan beasiswa ini harus berasal dari bidang dan konsentrasi yang ada di bawah ini:

  • Salinan KTP atau paspor
  • Daftar riwayat hidup atau resume
  • Surat pernyataan ketenagakerjaan atau surat keterangan bekerja dari supervisor atau pejabat SDM dalam Bahasa Indonesia

Tenggat pendaftaran

Kandidat harus melengkapi formulir pendaftaran yang sesuai dan menyerahkannya bersama dengan semua dokumen pendukung dalam bentuk cetak ke AMINEF melalui surat atau mengirimkannya secara langsung ke Yayasan Pertukaran Indonesia Amerika (AMINEF).

Batas waktu lamaran program ini adalah 2 Januari 2024. Untuk detail dari beasiswa ini dapat diakses di https://www.aminef.or.id/grants-for-indonesians/fulbright-programs/fellowships/community-college-initiative-program/

https://www.kompas.com/edu/read/2023/12/14/180000571/beasiswa-pertukaran-pelajar-ke-amerika-untuk-lulusan-sma-hingga-s1

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke