Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Beasiswa Bill Gates S2-S3 Dibuka: Uang Saku Rp 384 Juta, Tanpa Batas Usia

KOMPAS.com - Memiliki impian untuk lanjut kuliah S2 dan S3 di Universitas Cambridge pada tahun 2024, cobalah mendaftar Beasiswa Gates Cambridge 2024 yang diberikan oleh Gates Cambridge, organisasi Bill and Melinda Gates Foundation yang memberikan kesempatan kuliah di universitas ternama di Inggris.

Pendaftaran beasiswa penuh program S2 dan S3 dari Gates Cambridge ini sudah dibuka mulai 4 September 2023.

Mahasiswa S2 dan S3 yang lolos melalui skema Beasiswa Gates Cambridge 2024, berhak mendapatkan biaya kuliah penuh atau gratis di University of Cambridge, tunjangan pemeliharaan sekitar 20.000 poundsterling atau sekitar Rp 384 juta per tahun.

Menariknya dari beasiswa ini, tidak ada batas usia bagi calon pendaftar. Jadi, bagi kamu yang berumur di atas 30 tahun pun bisa mendaftar beasiswa ini.

Setiap tahunnya, ada 80 pelajar yang akan menerima beasiswa ini. Berikut persyaratan, cakupan beasiswa Gates Cambridge 2024, dan cara daftarnya:

Persyaratan Beasiswa Gates Cambridge 2024

1. Terbuka bagi siapa saja, kecuali warga negara Inggris

2. Melamar untuk perkuliahan di University of Cambridge berikut:

  • PhD (full-time atau part-time)
  • MLitt (full-time)
  • Kuliah pascasarjana satu tahun (dengan beberapa pengecualian seperti tertera di bawah)

3. Memiliki prestasi akademik

4. Punya alasan memilih jurusan

5. Memiliki komitmen meningkatkan kehidupan orang lain

6. Memiliki kapasitas kepemimpinan

Pelamar yang sedang menjalani kuliah di University of Cambridge pada jenjang yang sama tidak memenuhi syarat beasiswa ini, kecuali pelamar mendaftar untuk perkuliahan yang baru, misalnya dari master mendaftar ke PhD.

Daftar program yang tidak dibiayai Beasiswa Gates Cambridge 2023

Program yang tidak memenuhi syarat Beasiswa Gates Cambridge di bawah ini, tidak bisa mendaftar dan dibiayai lewat beasiswa ini. Berikut daftarnya:

Dokumen yang dibutuhkan

  • Formulir aplikasi GRADSAF (mencakup bagian Gates Cambridge Scholarship)
  • Transkrip akademik
  • Dua referensi akademik
  • Satu referensi personal (khusus untuk Gates Cambridge Scholarship)
  • CV/resume
  • Proposal riset (bagi pelamar PhD)

Cara daftar Beasiswa Gates Cambridge 2024

1. Pengajuan beasiswa Gates Cambridge 2024 - 2025 menggunakan aplikasi tunggal atau cek di laman Graduate Admission Office University of Cambridge atau https://www.postgraduate.study.cam.ac.uk/

2. Pelamar mendaftar ke program pascasarjana di University of Cambridge yang sekaligus mengajukan beasiswa Gates Cambridge, menggunakan formulir yang sama. Pada formulir akan tersedia kolom Gates Cambridge Statement (sekitar 500 kata) yang harus dilengkapi bila ingin mendaftar beasiswa Gates Cambridge.

3. Isi statement yang menjelaskan mengapa Anda melamar Beasiswa Gates Cambridge dan bagaimana Anda memenuhi empat kriteria utama. Selain itu, tersedia juga kolom referensi yang harus diisi.

4. Melampirkan dokumen yang diminta.

5. Pihak universitas mungkin meminta dokumen aplikasi tambahan yang juga perlu dipersiapkan, seperti skor tes bahasa Inggris, proposal riset, contoh karya tulis, skor GRE/GMAT, atau lainnya. Rincian dokumen yang perlu dilampirkan tersebut bisa dilihat di masing-masing departemen yang dilamar.

Jadwal pendaftaran Beasiswa Gates Cambridge 2024

Pendaftaran dibuka mulai 4 September 2023. Batas akhir pendaftaran untuk perkuliahan yang dimulai Oktober 2024 adalah 5 Desember 2023 atau 4 Januari 2024, tergantung pilihan program studi yang dipilih.

Kandidat yang telah melalui pemeringkatan dan masuk proses seleksi akan diberitahu tentang hasil aplikasi pada 4 Maret 2024. Hasil seleksi akhir akan disampaikan pada akhir Maret 2024.

Itulah informasi mengenai persyaratan, dokumen, dan jadwal pendaftaran Beasiswa Gates Cambridge 2024 yang ditawarkan yayasan milik Bill Gates. Informasi lebih lengkap, cobalah cek laman ini. 

https://www.kompas.com/edu/read/2023/09/05/122654071/beasiswa-bill-gates-s2-s3-dibuka-uang-saku-rp-384-juta-tanpa-batas-usia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke