Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lulusan SMKN 1 Glagah Ini Sukses Berbisnis dan Jadi Content Creator Game

KOMPAS.com - Bangkit Pratama merupakan salah satu selebriti di dunia game. Lulusan SMKN 1 Glagah ini juara 1 turnamen Mobile Legends di Banyuwangi, Jawa Timur kerap berbagi ilmu dan pengalaman lewat Instagram dan TikTok.

Bangkit menyadari jika banyak masyarakat yang antusias dengan game. Pengikut di media sosialnya, Instagram dan TikTok pun terbilang banyak.

Dari situ, Bangkit menghidupkan kembali bisnisnya sebelum menjadi seorang content creator.

Bisnis yang dijalaninya, yakni Takapedia (@taka_pedia) merupakan platform top up dan jasa joki Mobile Legends, hingga menyediakan aksesoris dan busana berbau game.

Melalui platform tersebut, Bangkit membantu para gamers untuk bisa top up dengan mudah dan aman.

Terlebih, pengalamannya sebagai juara 1 turnamen, membuat bisnisnya semakin dipercaya.

"Selain di Instagram dan TikTok, saya juga berusaha untuk menciptakan konten yang relevan dan menarik, terutama terkait dengan tips dan trik dalam game, review dan berita terbaru seputar game di platform tersebut," ungkap dia dalam keterangannya, Selasa (6/6/2023).

Kini, kata dia, Instagram Takapedia sudah memiliki 627 ribu pengikut dan TikTok Takapedia sudah memiliki 96 ribu lebih pengikut. Dengan raihan itu, membuat dirinya bangga.

"Media sosial sangat ramai antusiasme para gamers. Namun, Instagram menjadi fokus utama. Instagram platform yang paling menyenangkan bagi kami karena memberikan kemampuan untuk berinteraksi langsung dengan penggemar dan pelanggan secara real-time," jelas Bangkit.

Baginya, tantangan terbesar sebagai content creator adalah mempertahankan kualitas dan relevansi konten seiring perubahan tren dan permintaan pasar.

Adapun menjadi content creator telah dilakoninya sejak 2018.

Dari situ, dirinya terus berinovasi dan membuat konten game yang baik untuk penonton.

"Misi saya, membuat konten-konten bermanfaat tentang game kepada viewers, memberikan hiburan dengan konten game dan memberikan motivasi kepada mereka," tutur dia.

Bisnis yang dijalankan sudah dirasakan orangtua

Selain konten yang dimilikinya ramai, bisnis yang dijalankannya juga terbilang laris manis.

Sebab, bisnis Takapedia yang dimilikinya, layanan top up game bisa dilakukan kapan saja dan hanya membutuhkan waktu sekitar 1-3 menit melalui website yang bisa diakses 24 jam.

"Perkembangan bisnis Takapedia saat ini sangat positif. Berkat fokus dan dedikasi kami dalam menyediakan layanan top up game dan jasa joki MLBB yang berkualitas, tren penjualan kami mengalami peningkatan yang signifikan," ujar pria kelahiran 2002 ini.

Meski telah memiliki banyak pelanggan, di tengah kesibukannya sebagai content creator, Bangkit tetap memperhatikan kepuasan pelanggannya.

Dia terus mengembangkan platformnya tersebut. Beberapa update terbaru dari Takapedia meliputi peningkatan keamanan sistem pembayaran dan fitur dukungan pelanggan yang lebih responsif dan efisien.

"Kami selalu berusaha untuk terus memperbarui dan memperbaiki platform kami untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan," tegas Bangkit.

Cuan yang terus mengalir tak hanya dinikmatinya sendiri. Dia berbagi dengan orang-orang terdekatnya.

"Banyak kehidupan saya yang berubah. Saya dapat membahagiakan orangtua, serta membantu teman-teman saya yang masih belum mendapatkan pekerjaan," ucapnya.

Bagi para pemuda yang ingin serius di dunia game, Bangkit menyarankan untuk terus belajar dan mengasah keterampilan.

Menurut dia, dunia game bukan hanya tentang bermain, tetapi juga tentang memahami mekanisme dan strategi dibaliknya.

"Jangan takut untuk mencoba berbagai jenis game dan mencari genre yang paling cocok dengan kalian," kata dia.

Namun, lanjut Bangkit, meski bermain game menyenangkan dan bisa dijadikan profesi yang menjanjikan, penting untuk selalu menjaga keseimbangan antara dunia game dan kehidupan nyata.

"Dan yang terakhir, jangan pernah berhenti berimajinasi dan berinovasi, karena itulah yang akan membantu kalian menonjol diantara yang lain," tukas dia.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/06/06/154429771/lulusan-smkn-1-glagah-ini-sukses-berbisnis-dan-jadi-content-creator-game

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke