Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sekolah Kedinasan BMKG 2023 Segera Dibuka, Cek Syarat dan Cara Daftar

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) sebagai salah satu sekolah kedinasan di bawah naungan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga kembali membuka pendaftaran bagi calon taruna/taruni .

Tahun ini, sekolah kedinasan BMKG membuka 80 kuota bagi calon taruna/taruni baru.

Terdapat empat program studi (prodi) yang dapat dipilih pendaftar, yaitu jenjang D4 Meteorologi, D4 Klimatologi, D4 Geofisika, dan D4 Instrumentasi MKG.

Bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan di sekolah kedinasan BMKG, berikut beberapa informasi pendaftaran STMKG yang dirangkum dari penerimaan taruna STMKG 2022 lalu.

Persyaratan umum sekolah kedinasan BMKG

1. Pria/Wanita, Warga Negara Indonesia.

2. Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, dapat berkacamata dengan Lensa Spheris Maksimal Minus (-) 4 D, dan Lensa Silindris Maksimal Minus (-) 2 D dan bersedia untuk melakukan pengobatan LASIK (Laser-Assisted in Situ Keratomileusis) dengan biaya sendiri apabila diterima/lulus seleksi.

3. Umur tidak kurang dari 15 tahun dan tidak lebih dari 23 tahun.

4. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan.

5. Bebas narkoba yang dibuktikan dengan tes kesehatan.

6. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.

7. Tinggi badan minimal 160 cm untuk Pria dan 155 cm untuk Wanita dengan berat badan seimbang.

8. Bersedia bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sesuai ketentuan yang berlaku sejak dinyatakan lulus pendidikan, dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

9. Khusus untuk peserta afirmasi terdapat syarat tambahan sebagai berikut:

  • Memiliki akta kelahiran dan domisili sesuai identitas KTP/KK di Provinsi Papua, Papua Barat, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi utara, Kalimantan Utara, Maluku, Maluku Utara atau Sulawesi Tenggara.
  • Telah menyelesaikan Sekolah Dasar (SD) atau yang sederajat, Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau yang sederajat, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat di Provinsi Papua, Papua Barat, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Kalimantan Utara, Maluku, Maluku Utara atau Sulawesi Tenggara.
  • Khusus bagi peserta Orang Asli Papua (OAP) mendapatkan rekomendasi dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) atau Aketua/Anggota dari Majelis Rakyat Papua atau Papua Barat.

Selain itu, kamu juga harus mempersiapkan persyaratan akademik STMKG, sebagai berikut:

Alur daftar sekolah kedinasan BMKG

Adapun alur pendaftaran sekolah kedinasan BMKG, yakni:

Jadwal pendaftaran sekolah kedinasan BMKG

Berikut jadwal pendaftaran sekolah kedinasan BMKG:

  • Pengumuman pendaftaran Sekolah Kedinasan: 27-31 Maret 2023
  • Pendaftaran: 1-30 April 2023
  • Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD): Mei-Juni 2023
  • Seleksi lanjutan: Juli-Agustus 2023

Demikian informasi mengenai pendaftaran penerimaan calon taruna sekolah kedinasan BMKG 2023. Untuk informasi lebih lengkap, silakan kunjungi laman portal https://dikdin.bkn.go.id dan https://stmkg.ac.id/.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/03/29/161700271/sekolah-kedinasan-bmkg-2023-segera-dibuka-cek-syarat-dan-cara-daftar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke