Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Kampus Top Dunia Buka Kursus Gratis, Harvard hingga UCL

Kompas.com -Bila kamu memiliki cita-cita berkuliah di luar negeri apalagi di kampus terbaik dunia, namun kesempatan itu belum datang, kini kamu mencoba merasakan berkuliah sejumlah kampus top luar negeri melalui short courses atau kursus gratis.

Kamu akan merasakan bagaimana rasanya kuliah sungguhan di universitas impian, di samping mendapatkan sertifikat pelatihan.

Ada rekomendasi kursus online yang disediakan enam universitas top dunia, salah satunya Harvard University. Berikut enam rekomendasi kursus online di beberapa kampus top dunia, dilansir dari Lembaga Bimbingan Kuliah Luar Negeri ICAN Education:

Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Massachusetts Institute of Technology atau MIT menawarkan kursus online secara gratis yang bisa diakses melalui website ocw.mit.edu. Para dosen MIT akan memberikan materi kuliah yang bisa diunduh secara gratis melalui website MIT.

The University of California Irvine (UCI)

Kampus ini menawarkan berbagai jenis kursus online secara gratis yang dimiliki, yaitu UCI, Coursera, ZotTalks, dan Tedx. Kursus ini bisa diakses melalui website open.uci.edu.

University College London (UCL)

UCL mengadakan kursus online dan bisa diakses oleh semua orang secara gratis. Selain kursus gratis, kampus ini juga menawarkan kelas daring berbayar dengan harga terjangkau. Informasi lebih lengkap bisa mengakses website ucl.ac.uk/short-courses.

Georgia Institute of Technology

Kampus ini menawarkan beberapa topik untuk kursus online yang mereka buka, yaitu Data Analytics, Bisnis, hingga Prinsip Supply Chain. Kursus bisa diakses melalui situs pe.gatech.edu/massive-open-online-courses.

Ecole Polytechnique

Kampus terkemuka di Prancis ini menggabungkan penelitian tingkat atas dengan akademisi serta inovasi dengan ilmu pengetahuan dan teknologi ini menawarkan kursus online dengan gratis dan dapat diakses oleh siapapun.

Setelah melakukan tes, peserta akan mendapatkan sertifikat sesuai bidang kursus yang diambil apabila telah menyelesaikan kursus. Untuk mengikuti kursus, peserta bisa mengakses polytechnique.edu/teaching-learning/en.

Harvard University

Harvard menawarkan lebih dari 600 kursus online gratis yang bisa diakses melalui edx.org/school/harvardx.

Itulah enam rekomendasi kursus dari kampus top dunia. Cocok untuk kamu yang ingin menambah pengetahuan dan skill.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/02/23/160000871/6-kampus-top-dunia-buka-kursus-gratis-harvard-hingga-ucl

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke